Oleh Oleh Garut Diburu Wisatawan 2019

Juli 3, 2019

Berikut Informasi Oleh Oleh Garut Diburu Wisatawan 2019 sejak 1949 dengan cita rasa yang tinggi sebagai ciri khas jajanan garut terfavorit. ada toko kerajinan.. dan adapula wisata belanjanya.

Apa Itu Garut

Garut merupakan salah satu kota priangan timur di daerah Jawa Barat dan merupakan salah satu kabupaten yang terletak sekitar 64 km sebelah tenggara Bandung ibu kota Jawa Barat dan sekitar 250 km dari Jakarta. Garut berada pada ketinggian 0 m sampai dengan 2800 meter, berbatasan langsung dengan Samudra Indonesia di sebelah selatan yang memanjang sekitar 90 km garis pantainya. Kabupaten Garut terletak di Provinsi Jawa Barat bagian Selatan pada koordinat 6º56’49” – 7 º45’00” Lintang Selatan dan 107º25’8” – 108º7’30” Bujur Timur. Kabupaten Garut memiliki luas wilayah administratif sebesar 306.519 Ha (3.065,19 km²) dengan batas-batas sebagai berikut :

  • Utara : Kabupaten Bandung dan Kabupaten Sumedang
  • Timur: Kabupaten Tasikmalaya
  • Selatan : Samudera Indonesia
  • Barat : Kabupaten Bandung dan Kabupaten Cianjur

Kabupaten Garut yang secara geografis berdekatan dengan Kota Bandung sebagai ibukota provinsi Jawa Barat, merupakan daerah penyangga dan hitterland bagi pengembangan wilayah Bandung Raya. Oleh karena itu, Kabupaten Garut mempunyai kedudukan strategis dalam memasok kebutuhan warga Kota dan Kabupaten Bandung sekaligus pula berperan di dalam mengendalikan keseimbangan lingkungan

Asal Mula Nama Garut

Bupati Adiwijaya bersama perwakilan Belanda mencari tempat yang cocok untuk ibukota kabupaten. Setelah penelusuran,ditemukan satu daerah yang subur dan dikelilingi gunung.

Pada saat menemukan mata air, seorang panitia tangannya terluka diakibatkan kakarut (tergores-red) semak belukar. Perwakilan Belanda tersebut tidak bisa melafalkan kata kakarut dengan jelas dan menyebutkan gagarut. Semenjak peristiwa itulah para panitia menamai tanaman semak belukarnya itu dengan Ki Garut dan telaga dari sumber mata airnya nya dengan nama Ci Garut.

Pusat Oleh Oleh Garut

Informasi dibawah ini yang admin Minify sampaikan adalah Center Pusat Toko Oleh Oleh di Garut yang rekomended.

Toko Oleh Oleh Garut yang Khas

Toko pusat oleh oleh khas garut itu adalah sbr 3 yang beralamat di Tanjung Kubang, Jl. Otista, Tarogong, Garut, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44151

Jadi buat sobat Minify yang sedang berwisata ke kota garut jawa barat jangan lupa untuk ke store Oleh Oleh Garut Khas itu yah sobat. Tempatnya enak kok dan belanja pun bakal nyenengin

Selain Oleh Oleh Garut ada juga Pusat Kerajinan

Garut tidak sudah diragukan lagi akan wisata budaya, jenis makan khas Oleh Oleh Garut nya serta pusat kerajinan nya.

Fashion garut memiliki khas Garut terutama yang berbahan kulit, Selain jaket kulit yang sangat booming di indonesia sampai ke luar negri. Garut juga memiliki batik khas Garut yang baru – baru ini banyak orang mencari nya karena memiliki khas batik yang berbeda dengan batik – batik lainnya yang berasal dari kota – kota yang ada di indonesia.

Ciri Khas Garut sebagai Pusat Oleh-oleh

Dalam berburu suatu jajanan di garut sobat bisa memperhatikan beberapa kriteria terlebih dahulu. salah satunya adalah tempat yang betul nyata menjual berbagai Oleh Oleh Garut.

Seperti halnya Toko Sumber rejeki 3 yang memiliki beberapa fasilitas yang cukup nyaman bagi anda dari mulai tempat parkir yang sangat luas, toilet yang cukup banyak, foodcort atau kantin jajanan, toko yang memiliki 2 lantai, lantai satu tempat pusat oleh oleh, lantai dua pusat accesories kulit dan fashion dan satu toko di depan toko utama adalah toko kerajinan.

Wisata Belanja Oleh Oleh Garut Terfavorit

Dalam mencari dengan puas setiap Oleh Oleh Garut harus memperhatikan toko terbaik yang menjual semuanya itu. dan yang memenuhi syarat terbaik yaitu di toko SBR 3.

Oleh Oleh Garut diburu wisatawan 2019

Bagi sobat wisatawan yang berwisata ke kota Garut dan ingin berbelanja Oleh Oleh Garut atau souvenir khas Garut dan tidak mau capek muter muter ke garut kota karena takut macet, sobat cukup mengunjungi satu toko saja. Sobat bisa berburu apa saja seputar keunikan kota garut sebagai ikon khas 2019.

Sobat bisa mendapatkan semua yang sobat inginkan karena didukung dengan area parkir yang nyaman serta tempat yang strategis di jalur utama Garut – bandung.

Oleh Oleh Garut
Semi Design Pict From Oleh Oleh Garut By Minify ID

Dodol Piknik Oleh Oleh Garut sejak 1949

Dodol picnic / piknik memulai kejayaan kuliner Garut sejak tahun 1949 sampai saat ini dodol picnic menjadi salah satu dodol yang menjadi incaran para wisatawan yang datang ke kota Garut.

Walau banyak produk dodol yang bersaing namun dodol picnic menjadi salah satu produk dodol yang mereka cari.

Opak bungbulang Oleh Oleh Garut bercitarasa tinggi

Makanan khas ini memiliki citarasa yang tinggi sehingga mampu bersaing dengan Oleh Oleh Garut yang lainya seperti dodol dan juga chocodot.

Opak bungbulang ini berasal dari Kecamatan Bungbulang. Sebuah kecamatan yang terletak di Garut Selatan Jawa Barat.

Ketika kalian sedang mengunjungi kota Garut khususnya Garut selatan seperti : Pantai santolo, Sayang Heulang dan yang lainya. Tak lengkap rasanya jika tak membeli cemilan khas renyah yang satu ini. 

Daftar Jajanan Oleh Oleh Garut Jadul

Burayot Oleh Oleh Garut Tradisional

Burayot ini pertama kali dibuat oleh masyarakat kota garut sendiri lebih tepatnya masyarakat di wilayah kecamatan leles, Kadungora Garut.

Oleh Oleh Garut Burayot ini berasal dari bahasa sunda yang memiliki arti menggelantung. Nama tersebut diambil karena melihat proses pembuatannya yang menggelantung.

Burayot merupakan makanan khas dengan rasa yang dominan manis. Makanan ini biasanya sangat disukai oleh orang tua. 

Tutut Sawah

Untuk makanan Garut ini tutut sawah menjadi makanan favorit masa jadul hingga kini, bagi yang tidak terbiasa maka makanan ini terlihat jijik karena ke anehannya. namun tenang lho sobat minify, makanan ini tentu sangat enak sekali. patut sobat coba.

Lantas bagaimana cara makan Oleh Oleh Garut makanan Tutut Sawah ini? gampang kok sobat, yaitu dengan cara di Kecrok atau dengan cara dikeluarkan daging dalamnya menggunakan peniti atau jarum. Memang aneh kata saya juga tadi, cuman rasanya enak kok, gak seperti yang di bayangkan.

Belut

Pertama kali dengar kata belut dan dimakan itu rasanya aneh sekali. dan timbul rasa penasaran bagaimana rasanya? ternyata rasa nya makjleb sobat. sobat perlu mencicipi sajian Belut ini di Oleh Oleh Khas Garut.

Tekwan Tareng

Tekwan Tareng sendiri adalah Jajanan Garut yang gurih dan pedas. Jajan ini Ternyata makanan sangat cocok untuk lidah. Bagi yang pertama kali cicipi jajanan ini pasti akan merasa aneh dengan rasanya, tapi kelamaan baru sadar kalau tekwan tareng ini sangatlah enak sekali.

Aneka Pilihan Oleh Oleh Garut 2019 Terbaru

Batik Garut

Bagi penggemar batik, batik garut menjadi primadona tersendiri dalam memberikan kepuasan selera dan kualitas terbaik. cocok juga batik ini menjadi salah satu Oleh Oleh Garut Fashionable yang bisa dijadikan hadiah kepada orang terkasih, kerabat dan bahkan untuk ulang tahun.

Jeruk Garut

Jika sobat berwisata ke kota garut maka wajib hukumnya untuk ingat dengan makanan camilan terbaik yaitu Jeruk garut. Komoditas unggulan Kabupaten Garut adalah Jeruk. Komoditas ini memegang peran penting mengangkat perekonomian dan kesejahteraan petani.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Garut, Ir. Beni Yoga Gunasantika yang akrab disapa Beni menjelaskan bahwa Luas pertanaman jeruk 1.400 hektare, Jenisnya meliputi Jeruk Siem, Keprok Garut, Konde dan Jeruk Orange Priangan.

Itulah sebabnya Jeruk menjadi Primadona tersendiri bagi Oleh Oleh Garut di 2019 ini

Kulit Garut

Ada kalimat yang menyatakan bahwa Kulit Garut itu Harganya Lokal namun rasa Global. Ya itu betul sekali adanya sobat minify. karena kulit garut itu kualitasnya tidak diragukan lagi.

Biasanya yang diincar para wisatawan kota garut adalah Jaket Kulit Garut.

Dodol Garut

Dikutip dari wikipedia Dodol adalah panganan manis dari Indonesia. Proses pembuatan dodol bermutu tinggi memerlukan waktu yang lama dan membutuhkan keahlian khusus. Bahan utama membuat dodol adalah santan kelapa, tepung ketan, gula pasir, gula merah, dan garam. Bahan tambahan pada dodol menentukan rasa.

Sedangkan Dodol Garut ini sudah tidak diragukan lagi rasanya yang unik. sobat bisa jadikan dodol garut ini sebagai Oleh Oleh Garut yang enak rasanya di lidah.

Cokelat Dodol

Chocodot adalah coklat isi dodol yang belakangan ini menjadi buah bibir di kalangan pecinta kuliner Tanah Air. Simak liputannya dari Garut. dan sobat tahu tidak bahwa cocodot ini halal lho. jasi sobat bisa menjadikan cocodot cokelat dodol ini menjadi salah satu varian Oleh Oleh Garut ya.

Alamat Toko Khas Oleh Oleh Garut

Tanjung Kubang, Jl. Otista, Tarogong, Garut, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44151

Daftar Alamat Oleh Oleh Garut Center Store
Kontak Person Khas Oleh Oleh Garut
  1. No. Hp. 082316518671
  2. Whatsapp/SMS : 082316518671
  3. Email. Sumberrezekigarut@gmail.com
Sosial Media Toko Oleh Oleh Garut Khas

Instagram: Toko Sumber Rejeki 3
di garutWhatsApp: 082385396994
Halaman: Sumber Rejeki Garut – Oleh Oleh Periangan

Jadi buat sobat yang telah berkunjung ke jawa barat tepanya kota garut jangan lupa untuk memborong oleh-oleh garut sesuai selera ya.

Penghargaan Sumber Rejeki 3 sebagai Pusat Oleh-oleh Garut

Demikianlah Minify ID posting berita informasi Oleh Oleh Garut yang merupakan pusat belanja

4.57/5 (7)

Pendapat Pembaca

8 thoughts on “Oleh Oleh Garut Diburu Wisatawan 2019

  1. Dika Garut

    Saya bangga jadi orang garut gan. Semua oleh oleh garut disini emang paling dicari diburu wisatawan baik yg domestik maupun internasional

    Reply
    1. Minify ID Post author

      Halo salam kenal sobat dika dari garut. Betul sekali. Sobat bs berkomentar mengenai oleh oleh garut yg belum disampaikan di postingan ini. Agar edukasi dan informasi nya lebih complete lg

      Reply
  2. Frans

    Kalo ngomongin oleh-oleh garut mah yang favorit saya mah dodol om. Gk ada yg bs nyaingin mah

    Reply
    1. Minify ID Post author

      Betul sekali sobat frans.. Dodol garut memang sangat uenak sekali.. Cocok untuk dijadikan oleh oleh garut terpopuler di keluarga sobat

      Reply
  3. Wijaya

    Oleh oleh garut khusus fashion aku lebih suka sama yang bahan kulit. Kayak jaket kulit. Bahannya berkualitas tiada dua nya apalagi yg original made in garut asli. Langsung buru tanpa mikir. Hehe. Lam kenal min

    Reply
    1. Minify ID Post author

      Salam kena juga sobat wijaya.. Wah berburu oleh oleh garut untuk lebaran kali ini ya sobat.. Jaket kulitnya is the best dah pokoknya. Selamat lebaran 2019 ya sobat..

      Reply
  4. Rio Satrio

    Sekedar Informasi aja, mas untuk link ke kontes seonya ada yang salah mohon diperbaiki dulu. Sayang takutnya nanti kena disk.

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *