SDM Unggul Indonesia Maju dengan Koperasi Digital Zaman Millenial

Oktober 21, 2019

Saat ide dan gagasan ingin membuat indonesia semakin berkembang dan dapat berdaya saing tinggi terutama di skala internasional, maka hal utama yang harus dilakukan adalah beradaptasi dengan super cepat dengan perkembangan revolusi industri 4.0 yang berfokus pada Internet of Things (IoT) serta Artificial Intellegence (AI). Terlebih pada Koperasi di indonesia yang pada umumnya adalah sebagai Soko Guru untuk memperkuat perekonomian rakyat sebagai dasar kekuatan ketahanan Perekonomian Nasional dengan berlandaskan prinsip gotong royong.

Realitas yang terjadi pada zaman millenial seperti saat ini adalah semuanya tidak dapat terlepas dari Gawai / Gadget dalam menopang segala kebutuhan seputar Gaya Hidup “Lifestyle”. Seperti: Membeli Produk secara online baik itu kebutuhan primer maupun sekunder, membayar seluruh tagihan, booking tiket pesawat, atraksi atau wahana bermain, bahkan gawai juga dijadikan sebagai sumber penghasilan orang – orang zaman now misal dengan membuat toko online, menjadi blogger vlogger maupun youtuber.

Ya begitulah dinamika kehidupan dan gaya hidup masyarakat indonesia pada saat ini. itulah yang juga menjadi dasar kepemimpinan presiden RI Jokowi dan KH. Ma’ruf amin untuk mengambil dan menetapkan tema dalam program kerja untuk 5 tahun kedepan dengan tema “SDM Unggul Indonesia Maju”.

instagram jokowi presiden RI

SDM Unggul Indonesia Maju

Jika ingin indonesia maju di berbagai bidang, maka yang perlu diperkuat yaitu tentang SDM masyarakatnya agar senantiasa bisa unggul. Sumber Daya Manusia adalah faktor utama dalam membuat manusia memiliki karakter dan bisa berjalan dengan norma-norma kebaikan di kehidupan bermasyarakat sehari-hari.

Ada banyak aspek dan Upaya pemerintah dalam membuat program SDM Unggul agar terealisasi dan memiliki output berhasil. seperti di bidang pendidikan, sosial, dan ekonomi misalnya. Di bidang ekonomi tersebut yaitu salah satunya dengan Koperasi dengan trend masa kini yang dinamakan Koperasi Digital.

Koperasi Digital Zaman Millenial

Koperasi ini sebenarnya sangat mulia sekali. karena koperasi berjalan berdasarkan keanggotaan. dimana seluruh anggota dapat secara bergotong-royong dan bekerjasama dalam sukses melalui wadah koperasi tersebut.

Namun kenyataannya hingga saat ini masih banyak di indonesia yang masih menjalankan sistem Koperasi yang Tradisional. menurutku koperasi tradisional masih belum bisa beradaptasi menciptakan inovasi inovasi yang dapat membuat koperasi tersebut bekerja maksimal dan produktif terutama dari sisi efisiensi penggunaan, serta waktu dan tingkat transparansi.

Dan hal tersebut yang menjadi tantangan besar dalam mewujudkan Koperasi semakin banyak peminat serta memberikan kontribusi besar untuk bangsa indonesia. lantas bagaimana caranya agar Koperasi bisa berdaya saing tinggi terutama di zaman millenial seperti saat ini?

Begini, Koperasi Tradisional harus segera secara cepat bertransformasi menuju Koperasi Modern. karena semakin cepat bertransformasi, maka akan semakin cepat pula pembaharuan yang akan didapatkan terutama dari sisi keuntungan masing-masing anggota sehingga seluruhnya akan sejahtera.

Upaya Dalam Penerapan Koperasi di era Millenial melalui Digitalisasi dan Teknologi

Teknologi digital menjadi faktor penting dalam menjadikan koperasi semakin diminati masyarakat luas di era millenial ini.

Inovasi yang aku maksud adalah seperti menciptakan berbagai macam aplikasi digital yang berguna bagi anggota. tentu tujuannya adalah agar transparan, efisien dan kemudahan seperti membuat aplikasi dibawah ini:

aplikasi digital
  1. Aplikasi E-Saving untuk Koperasi Simpan Pinjam. seperti misalnya menciptakan aplikasi e-saving dimana anggota dapat menabung, berinvestasi serta meminjam dana yang dibutuhkan. Aplikasi e-saving ini bisa diterapkan bagi jenis Koperasi Simpan Pinjam.
  2. Aplikasi E-Produk untuk Koperasi Produksi seperti Koperasi Susu atau Koperasi Pertanian. Koperasi ini menciptakan Aplikasi E-Produk khusus penjualan aneka macam produk yang dijual di koperasi tersebut.

Penamaan aplikasi diatas yaitu Aplikasi E-saving dan E-Produk hanya sebagai contoh saja. nama aplikasi bisa disesuaikan dengan nama koperasi yang sedang dirintis dan dijalankan untuk kepentingan Branding. Koperasi sebenarnya sangat dibutuhkan dalam kewirausahaan di indonesia.

Selain Digitalisasi Koperasi Juga dibutuhkan Oleh Kewirausahaan di Indonesia

Dengan prinsip dan asas kekeluargaan dan kegotong royongan, koperasi juga sangat bermanfaat dan memiliki pengaruh besar dalam perjalanan roda dunia kewirausahaan di indonesia. Dibidang Koperasi sendiri dalam mengupayakan indonesia maju memang harus ada visi misi yang kuat, sinergitas dan tujuan yang sama antara anggota koperasi.

Di indonesia sendiri tingkat pengangguran dapat ditekan dengan adanya lowongan pekerjaan di berbagai tempat dan salah satunya adalah di tempat usaha. banyak sekali orang indonesia yang kreatif dan berwirausaha.

Selain tantangan dalam penciptaan aplikasi digital diatas tadi, tantangan tersendiri datang dari para wirausahawan yang masih terkendala dengan sistem permodalan dalam membuka atau mengembangkan usaha. para wirausahawan biasanya selalu menggaet para bank yang ada di indonesia.

koperasi digital

Padahal dengan Adanya Koperasi juga bisa untuk melakukan pinjaman uang untuk modal usaha lho.. dan tentu sangat berbeda sekali dengan bank terutama dari bunga. jika untuk koperasi bunga nya itu digunakan untuk kemashlahatan seluruh anggota. jadi menurutku lebih menarik Koperasi dibanding bank.

Selain itu dengan bergabung dengan Koperasi maka akan memperoleh manfaat lain seperti: mendapatkan pengembangan dalam kualitas UKM dan memperoleh manfaat berupa etos kerja. Etos kerja tersebut seperti kemandirian, disiplin, dan pantang menyerah dalam menghadapi kendala saat mengembangkan usaha, dan semangat bekerja sama.

Kaum Millenial Harus Tau tentang Aplikasi Koperasi Digital

cooperasi

Apakah kamu termasuk kaum millenial? jika iya, maka kamu harus tau bahwa saat ini ada Koperasi digital bernama CoopRasi. Aplikasi ini memiliki beragam fitur misalnya simpanan, pinjaman, dan melihat sisa hasil usaha melalui smartphone. semuanya serba mudah hanya melalui satu genggaman.

Ayo buang jauh jauh paradigma menyesatkan tentang Koperasi yang cenderung kaku, kuno dan jadul tersebut.

Jika kamu ingin membuat indonesia ini maju dan unggul maka Sumber daya manusia pada dirimu harus diubah untuk selalu mendukung hal pembaharuan terutama di sektor ekonomi yaitu Koperasi yang berbasis Digital.

Lantas langkah apa yang harus kamu lakukan untuk memajukan indonesia?

Upaya Kaum Millenial dalam memajukan Koperasi Digital di Indonesia

  1. Ikut Bergabung dengan Koperasi yang telah Modern dan Digitalisasi. Khusus bagi yang mau berwirausaha dan butuh modal saatnya bergabung dengan Koperasi yang telah modern.
  2. Membantu menyebarkan kampanye Koperasi Digital. Setelah bergabung, saatnya menyebarkan seluas mungkin agar kaum millenial yang lainnya juga melek teknologi dan dapat membuang jauh jauh pikiran sesat tentang koperasi
  3. Inovasi, Ide dan Gagasan agar Fun. Terlibat dalam memberikan sumbangsih ide dan gagasan agar senantiasa berinovasi dan Koperasi Digital semakin Fun dan banyak peminat terutama kaum millenial.
sdm unggul indonesia maju dengan Koperasi Digital Zaman Millenial

Demikianlah artikel yang berjudul “SDM Unggul Indonesia Maju dengan Koperasi Digital Zaman Millenial” ini telah tayang. Artikel ini diikutsertakan dalam ajang lomba PRAJA 2019 dengan tema: Penggunaan Teknologi Digital Di Dunia Koperasi Dan Kewirausahaan di Indonesia. Semoga bermanfaat bagi seluruh masyarakat Indonesia. #PRAJA2019 #anugerahMISGroup #koperasi #wirausaha

5/5 (1)

Pendapat Pembaca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *