Cara Mencari Jurnal Artikel Dengan Google Cendekia (Scholar Google)

Minify ID – Inilah Cara Mencari Jurnal Artikel Dengan Google Cendekia (Scholar Google) Buat Skripsi Akademi Keperawatan, Ekonomi dan Kesehatan.

Apakah kamu saat ini sedang mencari makalah artikel ilmiah guna kebutuhan skripsi seperti contohnya jurnal keperawatan, jurnal ekonomi, jurnal kesehatan atau bahkan jurnal manajemen pemasaran? Jika iya, maka artikel ini sangat berguna dan membantu kamu lho.

Didalam artikel inilah kamu akan mengetahui tentang bagaimana caranya supaya kamu dapat menemukan jurnal melalui fitur google yang bernama Scholar Google atau Google Cendekia.

Apa itu Google Cendekia

Google Cendekia adalah layanan dari Google yang berfokus pada pencarian dan akses literatur ilmiah yang terbit dalam berbagai bidang pengetahuan seperti jurnal ilmiah, makalah konferensi, tesis, dan buku akademis.

Layanan ini memungkinkan kamu untuk mencari berbagai literatur akademis secara spesifik, menggunakan filter-fitur tertentu, dan mengakses sumber-sumber akademis secara langsung. Google Cendekia biasanya digunakan oleh peneliti, mahasiswa, dan akademisi untuk menemukan karya ilmiah yang relevan dengan topik penelitian atau studi mereka.

Google Cendekia itu Scholar Google

Google Cendekia sering kali disebut juga sebagai Google Scholar dalam bahasa Inggris. Ini adalah platform yang disediakan oleh Google untuk mencari dan mengakses literatur ilmiah yang terbit dalam berbagai bidang pengetahuan.

Google Scholar dapat digunakan oleh kamu untuk mencari makalah ilmiah, artikel jurnal, tesis, buku, dan literatur akademis lainnya secara luas. Keren sekali bukan? Lantas, apa manfaat dari google cendekia scholar tersebut?

Manfaat Google Scholar (Google Cendekia) Jurnal

Google Scholar (Google Cendekia) Jurnal telah menjadi salah satu sumber utama bagi para peneliti maupun akademisi dalam mencari literatur ilmiah untuk mendukung kemajuan dalam pengetahuan dan penelitian.

Baca Juga:   Tips Investasi Real Estate di Indonesia 2023 Pasca Pandemi Covid 19

Beberapa manfaat utamanya meliputi:

  • Akses ke Literatur Ilmiah: Google Scholar menyediakan akses luas ke jurnal ilmiah, artikel, makalah konferensi, tesis, dan buku akademis dari berbagai bidang pengetahuan. Hal ini memungkinkan pengguna untuk menemukan literatur yang relevan dengan topik penelitian atau studi mereka.
  • Pencarian yang Dapat Disesuaikan: Pengguna dapat menggunakan berbagai filter pencarian untuk menyaring hasil pencarian sesuai dengan kebutuhan mereka, seperti tahun publikasi, kata kunci, penulis, dan lain-lain.
  • Indeksasi yang Luas: Google Scholar mengindeks berbagai sumber literatur ilmiah, termasuk jurnal-jurnal terkemuka, repositori institusi, dan situs web akademis. Hal ini memastikan bahwa pengguna memiliki akses ke beragam sumber informasi.
  • Keterhubungan dengan Referensi: Google Scholar menampilkan daftar referensi yang dikutip oleh sebuah karya ilmiah dan juga daftar karya ilmiah yang mengutip karya tersebut. Ini membantu pengguna untuk melacak jejak literatur terkait dan memahami bagaimana sebuah karya diterima dalam komunitas ilmiah.
  • Membantu dalam Penelitian dan Penulisan: Google Scholar dapat digunakan sebagai alat untuk menemukan literatur ilmiah yang relevan dalam proses penelitian dan penulisan. Pengguna dapat menemukan sumber-sumber yang mendukung argumen mereka atau menyelidiki topik tertentu lebih lanjut.
  • Pengukuran Dampak dan Prestasi: Google Scholar menyediakan indikator seperti jumlah sitiran dan indeks h, yang dapat digunakan untuk mengukur dampak dan prestasi seorang peneliti atau sebuah karya ilmiah.
  • Gratis dan Mudah Digunakan: Layanan Google Scholar tersedia secara gratis dan mudah diakses oleh siapa pun dengan koneksi internet. Ini membuatnya menjadi alat yang sangat berguna bagi individu di seluruh dunia yang tertarik dalam penelitian ilmiah.

Cara Menggunakan Google Cendekia Scholar Jurnal

Berikut adalah langkah-langkah umum untuk menggunakan Google Scholar (Google Cendekia) Jurnal:

#1. Akses Google Scholar

Langkah pertama, Silahkan kamu akses atau Buka peramban web dan pergi ke situs Google Scholar atau Google Cendekia di alamat https://scholar.google.com/.

#2. Lakukan Pencarian

Di halaman beranda Google Scholar, Kamu akan melihat kotak pencarian. Ketikkan kata kunci atau frase yang relevan dengan topik penelitian atau studi Kamu.

Pencarian Google Cendekia

Kamu juga dapat menggunakan tanda kutip (” “) untuk mencari frasa tertentu atau operator seperti “AND” dan “OR” untuk mengatur pencarian kamu dengan lebih spesifik.

Baca Juga:   Cara Menjadi Cantik

#3. Filter Hasil Pencarian

Setelah Kamu melakukan pencarian, kamu akan melihat daftar hasil yang relevan dengan kata kunci tersebut. Gunakan panel sisi kiri untuk menyaring hasil sesuai dengan kebutuhan kamu.

Filter Pencarian Artikel di Google Cendekia

Kamu dapat menyaring berdasarkan tahun publikasi, jenis dokumen (misalnya, artikel jurnal, makalah konferensi, atau tesis), dan lain-lain.

#4. Akses ke Jurnal dan Makalah

Klik judul jurnal atau makalah untuk membuka ringkasan atau abstrak. Beberapa sumber mungkin menyediakan tautan ke versi lengkap (full-text) makalah yang dapat diakses secara langsung.

Jika tidak, Kamu mungkin perlu mengaksesnya melalui langganan institusi atau melalui repositori institusi atau penulis.

#5. Eksplorasi Citing Articles dan Related Articles

Di bagian bawah ringkasan makalah, Kamu akan menemukan bagian “Cited by” yang menampilkan makalah-makalah lain yang mengutip makalah tersebut. Ini membantu Kamu menemukan literatur terkait yang mungkin relevan dengan penelitian kamu.

Selain itu, Kamu juga dapat mengeksplorasi bagian “Related articles” untuk menemukan makalah-makalah lain yang serupa.

#6. Simpan dan Berbagi

Google Scholar memungkinkan Kamu untuk menyimpan makalah-makalah favorit Kamu ke dalam profil Kamu atau menandainya dengan bintang untuk referensi yang mudah diakses di masa depan.

Kamu juga dapat menggunakan fitur berbagi untuk mengirimkan makalah-makalah yang menarik kepada rekan penelitian Kamu.

#7. Lanjutkan Pencarian

Jika hasil pencarian awal tidak memuaskan, Kamu dapat mengubah kata kunci atau mengatur filter pencarian Kamu untuk mencari literatur yang lebih spesifik.

Dengan mengikuti langkah-langkah diatas, Kamu dapat menggunakan Google Scholar (Google Cendekia) Jurnal secara efektif untuk menemukan literatur ilmiah yang relevan dengan penelitian atau studi Kamu. Apakah ada tips bagaimana cara menggunakan google scholar / google cendekia secara efektif dan efisien?

Google Cendekia Scholar Google Jurnal

Tips Menggunakan Google Scholar

Tentu, berikut adalah beberapa tips untuk menggunakan Google Scholar secara efektif:

  1. Gunakan Kata Kunci yang Tepat: Saat mencari artikel atau makalah tertentu, pastikan Kamu menggunakan kata kunci yang spesifik dan relevan. Hal ini akan membantu mempersempit hasil pencarian Kamu.
  2. Filter Pencarian: Google Scholar menyediakan berbagai filter pencarian yang dapat membantu Kamu menyaring hasil pencarian sesuai dengan kebutuhan. Kamu dapat memfilter berdasarkan tahun publikasi, jenis dokumen, dan lainnya.
  3. Perhatikan Kualitas Publikasi: Ketika Kamu menemukan artikel yang relevan, perhatikan kualitas publikasi tersebut. Peringkat jurnal atau konferensi tempat artikel tersebut diterbitkan dapat memberikan indikasi tentang kredibilitasnya.
  4. Gunakan Tanda Petik: Jika kamu mencari frasa tertentu, kamu bisa menggunakan tanda petik (” “) untuk memastikan Google Scholar hanya mencari frasa tersebut secara eksak.
  5. Gunakan Google Scholar Alerts: Kamu juga bisa membuat notifikasi atau alert untuk kata kunci tertentu. Ini akan memberi tahu kamu setiap kali ada publikasi baru yang sesuai dengan kriteria yang kamu tentukan.
  6. Eksplorasi Kutipan: Perhatikan jumlah kutipan sebuah artikel. Artikel yang banyak dikutip cenderung lebih berpengaruh dalam bidangnya.
  7. Gunakan Tautan ke Google Scholar di Perpustakaan Universitas: Banyak perpustakaan universitas memiliki tautan langsung ke Google Scholar, yang memberikan akses ke sumber daya penuh teks untuk artikel yang berlangganan.
  8. Gunakan Google Scholar Metrics: Untuk mendapatkan informasi tentang dampak dan popularitas jurnal ilmiah, Kamu bisa menggunakan Google Scholar Metrics.
  9. Gunakan Variasi Kata Kunci: Cobalah variasi kata kunci dalam pencarian kamu untuk memperluas atau mempersempit hasil pencarian.
  10. Gunakan Google Scholar My Library: Kamu dapat menyimpan artikel favorit kamu dalam “My Library” di Google Scholar untuk referensi masa depan.
Baca Juga:   Hal Yang Dapat Dilakukan Sebelum Buka Puasa di Bulan Ramadhan !

Dengan menggunakan tips ini, Kamu dapat mengoptimalkan penggunaan Google Scholar untuk kebutuhan penelitian dan referensi kamu.

Pencarian Google:

Demikianlah artikel yang berjudul ” Cara Mencari Jurnal Artikel Dengan Google Cendekia (Scholar Google) ” ini telah tayang. Semoga Bermanfaat.