Cara Menggunakan Google Docs Voice Typing (Mengetik dengan Suara)

Minify ID- Berikut ini adalah Cara Menggunakan Google Docs Voice Typing (Mengetik dengan Suara) yang mudah dan cepat disertai dengan Pengertian, Manfaat dan Keunggulan Fiturnya.

Apa itu Google Docs Voice Typing

Apa itu Google Docs Voice Typing? Google Docs Voice Typing adalah fitur yang memungkinkan kamu untuk mengetik teks ke dalam dokumen Google Docs dengan menggunakan suara kamu.

Fitur ini menggunakan teknologi pengenalan suara untuk mengonversi ucapan kamu menjadi teks secara otomatis. Dengan demikian, kamu dapat mengetik dokumen tanpa harus menggunakan keyboard lho.. Kamu cukup berbicara melalui mikrofon yang terhubung ke perangkat Anda seperti PC, Komputer atau Laptop, Smartphone android.

Fitur Voice Typing ini dapat sangat berguna bagi kamu yang tentu ingin meningkatkan produktivitas saat mengetik, memiliki kesulitan mengetik saat menggunakan keyboard, atau jika kamu ingin mencoba cara baru dalam menulis dokumen. Lantas, apa manfaatnya?

Manfaat Google Docs Mengetik dengan Suara (Voice Typing)

Google telah mengeluarkan banyak sekali fitur seperti pada aplikasi Google Docs yang dapat digunakan untuk mengetik otomatis melalui suara. Tentu google juga memikirkan akan manfaat pada fitur tersebut.

Ada beberapa manfaat menggunakan Google Docs Voice Typing (Mengetik dengan Suara):

  1. Produktivitas Tinggi: Dengan mengonversi suara menjadi teks secara otomatis, maka kamu akan dapat mengetik dengan lebih cepat lagi dibandingkan saat mengetik menggunakan keyboard.
  2. Aksesibilitas: Bagi kamu yang memiliki masalah saat mengetik atau pada saat menggunakan keyboard, bisa juga seperti orang yang mengalami disabilitas fisik atau orang dengan gangguan tulisan, maka fitur ini memberikan aksesibilitas yang lebih baik terutama pada pengolahan kata.
  3. Penghematan Waktu: Voice typing atau mengetik dengan suara, sangat memungkinkan kamu untuk mengetik dokumen lebih cepat lagi, dan tentunya akan menghemat banyak sekali waktu kamu, terutama jika dokumen-dokumen itu panjang.
  4. Multitasking: Kamu dapat melakukan banyak hal sekaligus, seperti mengikuti presentasi atau membaca dokumen sambil mengucapkan ide atau catatan langsung ke dalam Google Docs tersebut.
  5. Kemudahan Penggunaan: Penggunaan suara sebagai input teks dapat menjadi lebih nyaman dan alami bagi beberapa orang daripada mengetik, terutama saat harus menghadapi banyak informasi yang perlu ditranskripsi.
  6. Pengenalan Suara Lanjutan: Google Docs Voice Typing juga dapat memahami beberapa perintah suara sederhana, seperti “Koma,” “Titik,” “Paragraf Baru,” dan lain-lain, yang membuat proses penulisan akan jauh lebih lancar.
  7. Ketersediaan Universal: Fitur ini dapat diakses dari berbagai perangkat dengan koneksi internet, seperti komputer, laptop, tablet, atau ponsel cerdas HP, sehingga memungkinkan penggunaan di mana saja dan kapan saja.
Baca Juga:   Cara Menjadi Hacker

Nah, gimana? Canggih dan keren sekali bukan Voice Typing pada Google Docs ini? Namun tunggu dulu, kamu juga perlu mengetahui bahwa Google Docs Voice Typing ini juga memiliki kelemahan juga lho..

Kelemahan Google Docs Mengetik dengan Suara atau Voice Typing:

  • Keterbatasan Pengenalan Suara: Kadang-kadang, fitur ini mungkin tidak dapat mengenali kata-kata atau frasa dengan akurasi yang tinggi, terutama untuk aksen atau bahasa tertentu.
  • Ketergantungan pada Koneksi Internet: Diperlukan koneksi internet yang stabil untuk menggunakan fitur ini secara efektif, yang dapat menjadi masalah jika kamu berada di tempat dengan koneksi yang buruk.
  • Kesalahan Transkripsi: Dapat terjadi kesalahan transkripsi yang perlu diperbaiki secara manual, terutama untuk istilah teknis atau nama yang tidak umum.
  • Privasi dan Keamanan: Menggunakan voice typing berarti membagikan suara kamu dengan layanan Google, yang bisa menjadi masalah privasi bagi beberapa pengguna yaitu khawatir akan data pribadi mereka.
  • Pelatihan Suara: Untuk hasil yang lebih baik, kadang-kadang diperlukan waktu dan usaha untuk melatih sistem pengenalan suara agar dapat memahami ucapan dengan lebih akurat.

Meskipun Google Docs Voice Typing memiliki beberapa kelemahan, keunggulan-keunggulannya membuatnya menjadi alat yang sangat berguna dan efisien untuk mengetik dokumen dengan menggunakan suara. Lantas, apa saja fitur unggulannya? Simak dibawah ini.

Fitur Unggulan Google Docs Voice Typing

Sebelum membahas tentang Cara menggunakan google docs voice typing, yuk kenali dahulu beberapa Fitur unggulan dari Voice typing:

  • Pilihan Bahasa yang Luas: Google Docs Voice Typing mendukung berbagai bahasa, seperti bahasa Indonesia dan termasuk juga bahasa-bahasa internasional. Ini memungkinkan pengguna dari berbagai negara untuk menggunakan fitur ini dengan bahasa keseharian mereka.
  • Integrasi dengan Google Workspace: Jika Anda menggunakan Google Workspace (sebelumnya dikenal sebagai G Suite), Voice Typing dapat diintegrasikan dengan alat-alat lainnya seperti Google Slides dan Google Sheets, memungkinkan penggunaan suara untuk membuat dan mengedit dokumen di berbagai aplikasi.
  • Koreksi Otomatis: Fitur ini kadang-kadang dapat melakukan koreksi otomatis terhadap kesalahan yang terjadi selama proses pengenalan suara, meningkatkan akurasi teks yang dihasilkan.
  • Rekaman Suara: Google Docs Voice Typing juga memungkinkan kamu dalam merekam suara kamu secara langsung ke dalam dokumen, yang berguna jika kamu ingin merekam ucapan untuk transkripsi kemudian.
  • Kemampuan untuk Memformat Teks: Selain menulis teks, fitur ini juga memungkinkan pengguna untuk melakukan pemformatan teks seperti teks tebal, miring, atau beralink dengan menggunakan perintah suara.
  • Ketersediaan di Berbagai Platform: Kamu dapat mengakses Google Docs Voice Typing dari berbagai platform, termasuk komputer, PC, laptop, tablet, dan ponsel cerdas atau HP dengan koneksi internet kencang dan stabil tentunya.
Baca Juga:   Cara Menggunakan Google Ads

Fitur-fitur unggulan ini membuat Google Docs Voice Typing menjadi alat yang di rekomendasikan dan fleksibel dalam menjalankan fungsinya yaitu menulis dan mengedit dokumen dengan menggunakan suara.

Cara menggunakan google docs voice typing

Penasaran ingin mencobanya? Bagaimana cara menggunakan Google Docs Voice Typing ini? Lanjut di bawah ya.

Cara menggunakan Google Docs Voice Typing

Inilah langkah-langkah atau cara menggunakan voice typing di Google Docs:

  • Aktifkan Mikrofon pada Perangkat yang kamu gunakan.
  • Buka dokumen Google Docs yang ingin kamu tulis dengan suara.
  • Pilih menu “Alat” di bagian atas jendela dokumen.
  • Pilih opsi “Dikte” atau cara cepatnya tekan “Ctrl+Shift+S” dari menu dropdown yang muncul.
  • Setelah itu, akan muncul sebuah “mikrofon kecil” di sebelah kiri dokumen kamu. Klik mikrofon tersebut untuk mulai menggunakan voice typing.
  • Pastikan mikrofon kamu sudah diaktifkan dan diberikan izin untuk digunakan oleh Google Docs.
  • Mulailah berbicara secara jelas dan lambat untuk memastikan kata-kata yang kamu ucapkan terdeteksi dengan benar.
  • Google Docs akan menuliskan apa yang kamu ucapkan secara otomatis ke dalam dokumen.
  • Untuk menghentikan voice typing, klik kembali mikrofon yang muncul atau tekan tombol “Stop” yang ada di layar.

Pencarian Google:

Demikianlah artikel ” Cara Menggunakan Google Docs Voice Typing ” Telah Tayang. Semoga Bermanfaat.