Cara Bicara, Ngomong, Ngobrol atau Chat dengan Asisten Google (Google Assistant)

Minify ID – Begini Cara Bicara, Ngomong, Ngobrol atau Chat dengan Asisten Google Indonesia (Google Assistant). Download dan Aktifkan Sekarang.

Pasti kamu tidak asing lagi dengan kalimat seperti “Google gombalin aku dong” , “google ngomong dong” , “halo asisten google”, “ok google” atau “oke mbah google” dan banyak lagi. Ya, pasti kamu sering mendengarnya baik di tongkrongan bersama teman-teman kamu atau melalui internet seperti sosial media instagram maupun facebook kamu.

Semua kalimat tersebut merupakan sajian dari kehebatan fitur aplikasi besutan google yang dinamakan dengan Google Assistant atau dalam bahasa indonesianya dikenal dengan sebutan Asisten Google. Lantas, apa itu Google Assistant? Mari bahas lebih lengkap lagi.

Apa itu Asisten Google

Asisten Google adalah sebuah asisten virtual yang dikembangkan oleh Google. Google assistant memang khusus dirancang untuk membantu pengguna dalam menjalankan berbagai tugas, mulai dari mencari informasi, memberikan rekomendasi, mengatur jadwal, dan lain-lain.

Asisten Google ini dapat diakses melalui perangkat Smartphone seperti Android, iOS, atau komputer yang mendukungnya, dan juga melalui perangkat khusus seperti Google Home atau speaker pintar lainnya yang bekerja dengan asisten google ini.

Google Assistant

Google Assistant adalah Google Bicara

Bisa dibilang juga Google Assistant ini dengan sebutan Google bicara karena memang fiturnya untuk memudahkan ngobrol, ngomong maupun chat dengan aplikasi apps google assistant di perangkat yang kamu punya dan gunakan.

Tentunya jika kamu ingin chat dengan google assistant maka kamu harus memiliki dahulu apps atau aplikasi Asisten Google ini di perangkat kamu. Barulah kamu dapat melakukan setelan google asisten dengan benar, kemudian mulai ngobrol, ngomong, bicara dengan google setelah kamu Aktifkan Google Asisten pada perangkat kamu tersebut.

Manfaat Asisten Google

Tahukah kamu, bahwasanya Apps Aplikasi Google Assistant ini memiliki banyak sekali Manfaat dan Kegunaan dalam Kehidupan Sehari-hari.

Manfaat Asisten Google adalah:

  1. Mencari Informasi: Asisten Google dapat membantu kamu untuk mencari informasi secara cepat dan akurat di internet. Kamu dapat bertanya tentang berita terkini, cuaca, definisi kata, fakta, dan banyak lagi.
  2. Mengatur Jadwal: Google Assistant juga dapat membantu kamu dalam mengatur jadwal, mengingatkan tentang acara atau pertemuan yang akan datang, dan menyinkronkan jadwal dengan kalender kamu.
  3. Navigasi: Asisten Google ini dapat membantu kamu menavigasi melalui peta, kemudian memberikan petunjuk arah saat berkendara atau berjalan kaki, dan juga memberikan perkiraan waktu tempuh.
  4. Kendali Perangkat: Google Assistant (Asisten Google) dapat mengendalikan perangkat rumah pintar / Smarthome yang terhubung, seperti lampu, thermostat, perangkat audio/video, dan lainnya. Kamu dapat mengontrol perangkat-perangkat tersebut dengan menggunakan suara.
  5. Pembelian dan Pesanan: Asisten Google dapat membantu kamu dalam melakukan pembelian online, memesan makanan, mengatur pengiriman barang, dan melakukan tugas-tugas sejenisnya.
  6. Penerjemahan: Asisten Google ini juga dapat membantu menerjemahkan kata atau kalimat ke dalam bahasa lain, memudahkan komunikasi antarbahasa.
  7. Pengingat dan Alarm: Google Assistant dapat mengatur pengingat dan alarm sesuai kebutuhan kamu, kemudian juga dapat membantu untuk mengingat tugas-tugas penting atau waktu-waktu tertentu.
  8. Hiburan: Asisten Google dapat memberikan rekomendasi konten hiburan seperti lagu, film, dan podcast berdasarkan preferensi kamu.
  9. Keterampilan Tambahan: Google Assistant dapat dilengkapi dengan keterampilan tambahan (biasanya disebut “Actions”) yang dikembangkan oleh pihak ketiga, seperti permainan, tutorial, informasi kesehatan, dan sebagainya.
  10. Pengelolaan Kesehatan: Melalui integrasi dengan layanan kesehatan tertentu, Google Assistant dapat membantu kamu mengelola jadwal penting seperti perawatan medis, mengingatkan konsumsi obat, dan juga memberikan informasi kesehatan.
Baca Juga:   Hal Yang Dapat Dilakukan Sebelum Buka Puasa di Bulan Ramadhan !

Manfaat dari Aplikasi Google Assistant ini juga terus berkembang seiring dengan penambahan fitur-fitur baru dan integrasi dengan layanan-layanan lainnya, membuatnya menjadi asisten virtual yang semakin berguna dalam kehidupan sehari-hari. Menarik sekali bukan?

Asisten Google

Kelebihan dan Kelemahan Google Assistant

Tahukah kamu, Asisten Google ini juga memiliki sejumlah kelebihan dan kelemahan yang perlu kamu pertimbangkan lho.

Kelebihan Asisten Google

  1. Kemampuan Pencarian yang Cepat dan Akurat: Asisten Google menggunakan mesin pencarian Google yang canggih, sehingga dapat memberikan jawaban yang akurat dan cepat terhadap pertanyaan pengguna.
  2. Integrasi dengan Layanan Google: Asisten ini terintegrasi dengan berbagai layanan Google seperti Gmail, Google Calendar, Google Maps, dan lainnya, memungkinkan pengguna untuk mengakses informasi dan melakukan tugas-tugas dengan mudah.
  3. Kemampuan Multifungsi: Google Assistant dapat melakukan berbagai tugas, mulai dari mencari informasi, mengatur jadwal, mengontrol perangkat rumah pintar, hingga memberikan rekomendasi hiburan.
  4. Peningkatan Pengalaman Pengguna: Dengan integrasi yang kuat dengan berbagai perangkat dan layanan, Google Assistant dapat meningkatkan pengalaman pengguna dalam hal efisiensi dan kenyamanan.
  5. Ketersediaan pada Berbagai Platform: Asisten Google dapat diakses melalui perangkat Android, iOS, komputer, dan perangkat khusus seperti Google Home, memberikan fleksibilitas dalam penggunaan.

Kelemahan Asisten Google

  1. Keterbatasan Koneksi Internet: Google Assistant memerlukan koneksi internet yang stabil untuk berfungsi dengan baik. Jika koneksi terputus, beberapa fitur mungkin tidak dapat digunakan.
  2. Keterbatasan Bahasa dan Daerah: Meskipun Google Assistant mendukung banyak bahasa, ada keterbatasan dalam konteks lokal dan ketersediaan fitur-fitur tertentu tergantung pada daerah pengguna.
  3. Privasi dan Keamanan: Pengguna perlu mempertimbangkan masalah privasi dan keamanan terkait dengan penggunaan asisten virtual. Google Assistant mengumpulkan data pengguna untuk meningkatkan pengalaman, sehingga perlu adanya kehati-hatian dalam pengaturan privasi.
  4. Keterbatasan Pengenalan Suara: Meskipun kemampuan pengenalan suara terus berkembang, masih mungkin terjadi kesalahan interpretasi atau pemahaman yang kurang tepat terhadap perintah suara pengguna.
  5. Ketergantungan Teknologi: Penggunaan asisten virtual seperti Google Assistant dapat membuat pengguna menjadi terlalu bergantung pada teknologi, yang dapat mengurangi kemampuan untuk melakukan tugas-tugas secara mandiri.
  6. Keterbatasan Keterampilan Tambahan: Meskipun Google Assistant dapat dilengkapi dengan keterampilan tambahan dari pihak ketiga, kualitas dan jumlah keterampilan ini dapat bervariasi, sehingga beberapa fitur mungkin tidak seoptimal yang diharapkan.
Baca Juga:   Cara Menjadi Personal Shopper

Dalam penggunaan sehari-hari, kelebihan dan kelemahan Google Assistant (Asisten Google) ini akan berbeda-beda bagi setiap pengguna, tergantung pada kebutuhan dan preferensi mereka.

Cara Bicara dengan Google

Kamu dapat berbicara dengan Google menggunakan Google Assistant ( Asisten Google ) yang tersedia di berbagai platform seperti perangkat Android, iOS, komputer maupun perangkat khusus seperti Google Home.

Berikut adalah langkah-langkah umum untuk berbicara dengan Google melalui Asisten Google:

Melalui Perangkat Android

  1. Buka Google Assistant: Biasanya, Kamu dapat membuka Google Assistant dengan mengucapkan “Hey Google” atau “Ok Google” di layar beranda atau dengan menekan dan menahan tombol fisik atau virtual yang ditetapkan.
  2. Bicara dengan Asisten: Setelah Google Assistant aktif, Kamu dapat mulai berbicara dengan asisten ini. Misalnya, Kamu dapat memberikan perintah suara seperti “Cari restoran terdekat” atau bertanya “Bagaimana cuaca hari ini?”
  3. Dengarkan Jawaban: Google Assistant akan mencoba memahami perintah atau pertanyaan Kamu dan memberikan jawaban secara lisan atau menampilkan informasi yang relevan di layar.

Melalui Perangkat iOS (iPhone/iPad)

Download Asisten Google
  1. Unduh Aplikasi Google: Jika Kamu menggunakan perangkat iOS, unduh aplikasi Google dari App Store dan atur Google Assistant di dalamnya.
  2. Aktifkan Google Assistant: Buka aplikasi Google, ketuk ikon “More” (tiga garis horizontal) di bagian bawah layar, lalu pilih “Settings” > “Google Assistant”. Aktifkan Google Assistant dan ikuti instruksi untuk menyiapkan pengenalan suara.
  3. Gunakan Google Assistant: Setelah diaktifkan, Kamu dapat membuka Google Assistant dengan mengetuk ikon mikrofon atau mengucapkan “Hey Google” atau “Ok Google”. Kemudian, berbicaralah dengan asisten ini seperti yang Kamu lakukan di perangkat Android.

Melalui Komputer (PC/Laptop)

  1. Akses Google Search: Buka browser web dan kunjungi situs web Google yaitu https://www.google.co.id/. Di halaman beranda Google, Kamu akan melihat ikon mikrofon di kotak pencarian. Klik ikon tersebut untuk mulai berbicara.
  2. Bicara dengan Google: Setelah mengklik ikon mikrofon, bicaralah dengan jelas dan langsung ke perintah atau pertanyaan Kamu. Google akan mencoba memahami ucapan Kamu dan memberikan hasil pencarian atau informasi yang sesuai.
Baca Juga:   Cara Menjadi Moderator

Melalui Perangkat Google Home atau Speaker Pintar:

  1. Aktifkan Perangkat: Jika Kamu memiliki perangkat Google Home atau speaker pintar yang kompatibel, aktifkan perangkat tersebut dengan menyebutkan “Hey Google” atau “Ok Google”.
  2. Bicara dengan Perangkat: Setelah perangkat aktif, Kamu dapat memberikan perintah suara seperti “Mainkan musik dari Spotify” atau bertanya “Apa berita terbaru?”
  3. Dengarkan Respons: Perangkat Google Home atau speaker pintar akan memberikan respons suara atau menampilkan informasi di layar jika memiliki layar terpasang.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Kamu dapat dengan mudah berbicara dengan Google menggunakan Google Assistant (Asisten Google) atau perangkat lainnya yang mendukung layanan ini. Pastikan untuk berbicara dengan jelas dan secara langsung ke perintah atau pertanyaan Kamu untuk hasil yang maksimal.

Download Asisten Google

Untuk menggunakan Google Assistant di perangkat Android, biasanya Kamu tidak perlu mengunduh aplikasi terpisah karena Google Assistant sudah terintegrasi dengan sistem Android.

Namun, jika Kamu menggunakan perangkat iOS (iPhone/iPad), Kamu perlu mengunduh aplikasi Google dari App Store untuk menggunakan Google Assistant.

Download Asisten Google iOS

Download Asisten Google pada iOS iPhone maupun iPad:

  1. Buka App Store: Buka App Store di perangkat iOS Kamu.
  2. Cari Aplikasi Google: Di dalam App Store, gunakan fitur pencarian (tombol pencarian di bagian bawah) untuk mencari “Google”.
  3. Unduh Aplikasi Google: Temukan aplikasi “Google” dalam hasil pencarian dan ketuk tombol “Dapatkan” atau ikon unduh (ikon awan dengan panah ke bawah) untuk mengunduh dan menginstal aplikasi.
  4. Buka Aplikasi Google: Setelah selesai diunduh dan diinstal, buka aplikasi Google di perangkat Kamu.
  5. Atur Google Assistant: Setelah membuka aplikasi Google, ketuk ikon “More” (tiga garis horizontal) di bagian bawah layar, lalu pilih “Settings” > “Google Assistant”. Di sini, Kamu dapat mengaktifkan Google Assistant dan mengatur preferensi suara.

Setelah Kamu Mendownload dan mengaktifkan Google Assistant melalui aplikasi Google, Maka selanjutnya Kamu dapat segera memulai menggunakan asisten virtual ini dengan mengucapkan “Hey Google” atau “Ok Google” atau dengan mengetuk ikon mikrofon di aplikasi Google untuk memulai percakapan.