Dari Urusan Ngemong Anak Hingga Kantong

Dari Urusan Ngemong Anak Hingga Kantong

Blog

Minify ID – Dari Urusan Ngemong Anak Hingga Kantong Ditulis Oleh Fendi Haris seorang Blogger Kebon Jeruk Jakarta Barat

Sebut saja Krisna. Seorang ayah beranak 2 beristri 1 dengan bergelar sarjana pendidikan namun kesehariannya hanya mengurus 2 anak tercintanya. Hal itu dilakukan karena istrinya yang sedang  menempuh kuliah S3 di wilayah Jakarta. Anak pertamanya berusia 3 tahun sedangkan anak keduanya berusia 2 tahun. Bisa dibayangkan, bagaimana kekuatan super krisna dalam merawat dan mendidik kedua putrinya tersebut.

kantong

Suatu keadaan lah yang membuat krisna mau tidak mau melakukan pekerjaan bapak rumah tangga itu. Hal tersebut juga disebabkan karena realita kehidupan perawatan anak melalui jasa lagi lagi banyak menelan pil pahit. Mulai dari pemberitaan “Kehilangan anak, Sodomi hingga Pemukulan dan kekerasan terhadap anak yang dapat berakibat fatal bagi perkembangan anak kedepannya.

Krisna memiliki bakat dalam mengolah data seperti pada internet dan juga memiliki minat yang besar dalam dunia perdagangan. Minatnya dimulai sejak ia kuliah yang berawal dari menjadi korban dari penipuan online berkedok “Pengumpul uang otomatis”, yang sebenarnya adalah jual script dan ebook dengan beberapa syaratnya adalah membeli domain dan hosting agar menjad website, kemudian website tersebut di promosikan dan mendapatkan uang dari calon korban korban lainnya.

Dari pengalaman tidak elok tersebut, krisna mulai menggembleng dirinya disaat masih bujang untuk menjadi pebisnis yang handal di masa mendatang.  Ia harus rela berjualan pulsa, jasa print dan fotokopi saat di bangku kuliah. Dalam perkuliahan pun krisna memiliki aura membara untuk selalu berpikir dan bertindak kreatif. Itulah yang membuat krisna semakin kuat dan tangguh hingga saat ini.

Ketangguhan Krisna juga dapat dilihat dari bagaimana ia berpengalaman dalam bekerja. Sebelum memiliki anak, krisna bekerja sebagai marketing online yang bertugas untuk memasarkan produk melalui internet. Pimpinan perusahaan kadung suka dengan performanya, namun krisna memilih untuk resign setelah 2 tahun bekerja. Hal itu dipicu oleh Hal membara pada dirinya untuk mengembangkan potensi diri.

Tidak butuh lama, Krisna diterima bekerja di perusahaan berbeda dengan posisi Web Master. Tentu pekerjaannya semakin kompleks karena berhubungan dengan kode pemrograman serta analisis dan riset mengenai sebuah website. Alhasil krisna juga lolos dengan terbukti gaji nya selalu naik setiap 3 bulan sekali. Hingga pimpinan perusahaan juga sangat kesemsem terhadap performa kerja krisna. Namun setelah 3 tahun krisna pun memutuskan untuk resign dari perusahaan alih alih ingin sukses mandiri dan berdikari.

Krisna sudah tidak asing lagi dengan namanya Internet dan Pemasaran Digital. Karena baginya adalah camilan. Walau perkembangan dari waktu ke waktu selalu berubah trend pemasarannya. Namun bagi krisna, perkembangan dinamis tersebut adalah hal yang dapat membuat dirinya semakin tangguh dan tangguh lagi.

Setelah mengabdi 5 tahun lamanya (2 tahun menjadi Marketing Online dan 3 tahun menjadi Web Master) Krisna memutuskan untuk Menikah. Bab baru dimulai sejak hari itu. Momen berharga tentang sakral nya prosesi akad nikah menjadi kenangan tersendiri dalam membina hubungan rumah tangga bersama istri tercinta. Istri yang tidak pernah mengeluh dan selalu mendukung krisna walau tidak menerima Jatah Gaji Bulanan lagi sebagai pekerja yang superior.

Namun Dengan cepat dan tanggap krisna telah tahu tentang apa yang hendak ia lakukan sebagai imam dan pemimpin keluarga. Yang krisna lakukan adalah: membuka toko online dengan cara membuat website kemudian memasarkan seluruh produk yang dijual secara online pula. Persis saat bekerja pada orang lain, namun yang membedakan adalah Hasilnya untuk kantong krisna sendiri.

1 bulan berjalannya waktu, penjualan produk yang krisna jual masih belum menampakkan hasilnya. Krisna memberikan pemahaman kepada sang istri bahwasanya “Tidak ada yang instant dan cepat” melainkan harus dengan penuh semangat untuk bekerja dengan niatan hanya untuk beribadah. Sang istri juga memahami dan meresponnya dengan “Rezeki sudah ada yang atur”.

Dan betul sekali tentang apa yang orang-orang jaman dahulu katakan bahwasanya “Ketika menikah maka pintu langit akan dibuka terutama dari rezekinya”. dan menuju 2 bulan, penjualan produk sudah mulai bergerak serta menghasilkan.

Rezeki lain menghampiri krisna dengan dianugerahkannya anak pertamanya. Sang istri sempat menangis karena memikirkan biaya persalinan di Jakarta yang sangat mahal. Dan lagi lagi apa yang dikatakan oleh orang tua kita jaman dahulu itu benar yaitu “Tambah anak.. tambah rezeki..”. mungkin maksudnya adalah Setiap anak yang lahir ke dunia telah membawa rezekinya masing-masing.

Ternyata krisna memperoleh proyek penjualan produk dalam kuantitas besar sehingga keuntungannya dapat dialokasikan ke biaya persalinan anak pertamanya di Rumah sakit. Rezeki yang diperoleh dari berjualan online dimana Krisna sangat jeli dalam mengambil peluang dan Memanfaatkan Ekonomi Digital.

Setelah anak pertama krisna lahir, rezeki selalu menghampiri keluarga krisna. Rezeki paling ketara yaitu krisna kini dapat menyewa toko offline yang dijadikan sebagai tempat untuk melakukan transaksi secara offline serta tempat dalam pengambilan barang untuk pelanggan dan pengiriman kepada pelanggan khususnya diluar daerah.

Seiring berjalannya waktu, ternyata istri krisna hamil lagi anak kedua. Dan tepat 15 bulan anak kedua krisna lahir ke dunia. Ada banyak lika liku yang dihadapi ketika menjelang anak kedua krisna lahir. Pertama, karena kehadiran calon anak kedua ini sangat tidak di sangka-sangka, dan berikutnya adalah saat hendak persalinan.

Untungnya adik sang istri datang ke Jakarta untuk menemani anak pertama krisna yang masih kecil. Sementara krisna dan istrinya sedang berjuang di luar sana. Awalnya pada pagi hari, istri krisna sedang mengalami kram perut yang begitu hebat sehingga krisna bawa ke puskesmas terdekat. Berharap pelayanannya bagus dan cepat tanggap.

Kemudian langsung di lakukan pemeriksaan, namun ada kekecewaan karena harus menunggu lama hampir 3 jam. Istri disuruh jalan jalan agar pembukaan semakin bertambah. Dan ketika diperiksa kembali ternyata mendapatkan Rujukan untuk segera ke rumah sakit. Mungkin karena krisna dan istri masih belum memiliki BPJS. Karena pada awal datang, ditanyakan dan mengisi berbagai formulir yang di dalamnya juga ada info mengenai BPJS.

Lagi lagi harus menelan pil pahit dan kecewa “kenapa harus yang memiliki BPJS” yang dapat di proses dan dilayani di puskesmas itu? Dengan lantang dalam hati krisna berucap “Saya akan bayar berapapun, tolong prioritaskan istri dan calon anak saya..”

Namun tanpa pikir panjang dan membuang waktu lagi “Krisna mengambil kunci motornya” dan dengan pelan serta hati hati membonceng istrinya. Inilah keajaiban tuhan, sebagai informasi: pada saat di puskesmas tadi, istrinya telah mengalami pembukaan 3. Dan secara logika “Harusnya tidak mungkin dibawa dengan motor”.

Jarak antara puskesmas ke rumah sakit lumayan juga untuk wilayah Jakarta yang terkenal dengan macetnya. Mungkin ada sepanjang 2 kilometer. Rumah sakit yang dituju adalah Rumah sakit terbaik saat anak pertama krisna di lahirkan. Dan tanpa mengurangi kualitas serta layanan, rumah sakit tersebut sangat cepat dan tanggap. Istri krisna langsung dibawa ke ruang persalinan.

Dokternya pun adalah dokter kandungan yang selalu memeriksa kandungan istri krisna waktu lahiran anak pertamanya. Seluruh ruangan dibuat kaget oleh krisna beserta istrinya. Baik dari perawatnya hingga dokternya. Mereka semua bilang “Lho.. bukannya ibu ini pernah lahiran disini?” Krisna pun menjawab “iya tahun lalu.. saat lahiran anak pertama” dan ini yang kedua.

Saat memasuki ruang persalinan, istri krisna talah mengalami pembukaan 7. Artinya sebentar lagi anak kedua krisna lahir ke dunia. Dan keajaiban tuhan lagi beserta keselamatannya “istri krisna tidak mengalami sakit yang begitu dahsyatnya” dan tidak lama anak kedua lahir tanpa harus di induksi maupun Caesar.

Setelah melahirkan, krisna pun melengkapi administrasi dan membayar seluruh biaya persalinan istrinya di rumah sakit tersebut. Saat 3 hari dan pulang kerumah, krisna dan istri bercakap cakap mengenai seluruh keajaiban tuhan yang kemudian pada hakikatnya adalah “Jangan membeda-bedakan anak pertama maupun kedua.. karena pada akhirnya rumah sakit persalinannnya pun sama..”

Krisna memperoleh seluruh biaya tersebut tanpa hutang ke siapapun. Krisna murni mendapatkan biaya tersebut dari dia berjualan online di internet. Sungguh, internet menjadi jembatan rezeki bagi krisna dan keluarganya. Ada banyak hal yang bisa di dapatkan ketika berhubungan dengan internet. Dan paling real adalah bisa mendapatkan uang melalui internet. Seperti yang telah digeluti oleh krisna yaitu sebagai penjual online.

Kini Indonesia juga memasuki perkembangan Internet Of Thing (iOt) dimana saat ini tidak ada lagi batasan antara ruang dan waktu. semua bercampur padu disertai dengan berbagai kemudahan dari berbagai aktivitas kehidupan. Sebut saja contohnya adalah dalam urusan transportasi yaitu dengan kemudahan dan kehadiran ojek online berbasis digital, pesan makanan, bayar tagihan bahkan dalam urusan yang bersifat urgensi seperti di dunia kesehatan yang semuanya notabene berbasis digital.

Kehadiran perkembangan digital terkini harus bisa kita jadikan peluang sebagaimana yang telah digeluti oleh krisna sebagai pengusaha online. Sebagai wujud bahwa secara bersama-sama kita dapat mewujudkan Indonesia maju dan Indonesia hebat dengan salah satu caranya yaitu mengentaskan kemiskinan pada diri pribadi, mempersempit tingkat pengangguran dimulai dari diri sendiri sehingga bermanfaat untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Salah satu kunci keberhasilan krisna adalah bagaimana ia dapat berinteraksi dengan cepatnya dengan perkembangan teknologi digital masa kini. Ia tidak mau menjadi sesosok yang idealis yang cenderung akan semakin tertinggal. Seperti “tidak mau bekerja kalau bukan kantoran.. serta gengsi dengan penampilan dan keadaan..” Perilaku tersebut sangat tidak elok diterapkan di era digital saat ini.

Begitu banyak orang – orang sukses dan berhasil membawa dirinya ke arah yang lebih baik dengan cara “menatap penuh makna dunia digital dan perkembangannya”. Hasilnya pun sangat fantastis bahkan bisa membuka lapangan pekerjaan untuk banyak orang.

Kini kaum laki-laki pun bisa untuk ngemong anak tanpa harus kerdil dalam urusan kantong. Seperti yang dijalani oleh krisna saat ini. Dimana anak anak nya memang dibutuhkan kasih sayang orang tuanya baik ayah maupun ibunya. Kerjasama yang solid antar orang tua akan memberikan anak nutrisi emosional yang baik sehingga dapat menyerap banyak energy positif dan itu sangat baik bagi perkembangan anak.

Saat istrinya berangkat untuk kuliah, maka krisna yang ambil bagian untuk merawat kedua anaknya. Ada banyak hal ketika anak anak bersama krisna. Krisna dapat memberikan literasi seperti membaca dan menulis serta mengenali berbagai macam sumber ilmu untuk melatih anak cepat dalam menemukan solusi.

Krisna dapat menjadi teman setia kedua anaknya dalam bermain, menonton tayangan berkualitas untuk anaknya dan memberikan asupan nutrisi makanan dan minuman yang diperlukan oleh kedua anaknya. Sehingga krisna dalam urusan ngemong anak sudah tidak diragukan lagi kemampuannya. Bahkan dapat dikatakan telah mengalahkan perawat anak di lokasi tempat ia tinggal.

Perawat anak tersebut sangat kasar dalam merawat. Seperti pada saat hendak memberi makan anak asuhannya, sang perawat tersebut tidak sabar dan marah-marah. Tentu perbuatan ini akan membuat psikologi anak terganggu dan mudah cepat marah hingga tempramen.

Seorang anak itu yang dipikirkan adalah “bermain”. Dan porsinya memang sangat dominan. Oleh sebab itu penting agar orang tua maupun perawat telah memahami bagaimana anak itu aktif dalam keseharian mereka. Anak tidak suka dikasari, anak tidak menyukai nada keras atau marah marah dan anak tidak suka kalau dibatasi. Berikan akses penuh kepada anak untuk melakukan apa saja terhadap apa yang ia pikirkan dan tugas orang tua adalah mengawasi sang anak tersebut.

Krisna juga melibatkan teknologi digital dalam memberikan pembelajaran kepada kedua anaknya. Seperti pada penggunaan gadget sewajarnya serta tayangan yang berkualitas untuk anak. Sehingga anak anak sangat senang dengan metode pembelajaran yang dilakukan oleh krisna.

Sementara dalam urusan kantong, krisna telah bisa memanfaatkan ekonomi digital. Selain berjualan online kini krisna merambah ke dunia offline dengan menjual makanan dan minuman. Namun tetap di integrasikan melalui online salah satunya adalah: metode pembayarannya bisa melalui dompet digital, proses terima order juga dari digital, dan untuk kemudahan pelanggannya krisna juga memasang barcode scanner.

Ekonomi digital tersebut bagi krisna sangat memudahkan dan juga sangat menguntungkan. Karena sistem kerjanya yang jauh lebih simple serta efisien. Namun bergelut dalam bidang ekonomi digital juga memiliki banyak tantangan tersendiri. Karena jutaan masyarakat Indonesia saling berbondong-bondong ambil bagian.

Tantangan Ekonomi digital sendiri bagi krisna adalah bagaimana ia mampu dalam bersaing dengan ketatnya para kompetitor setempat. Karena yang berjualan dengan kategori persis dengan yang krisna jual itu ada banyak sekali, terutama di satu area lokasi setempat. Kemudian, bagaimana krisna harus selalu aktif dalam menjawab diskusi, memperbaharui stock dan menentukan harga jual.

Krisna selalu membawa kedua anaknya dalam berjualan. Karena krisna ingin melatih sejak dini bagaimana mencari dan mengais rezeki. Panas, hujan dan macet sudah menjadi kebiasaan sehari-hari. Kadang pula krisna merasa jenuh karena mengendarai motor bersama kedua anaknya sangat sulit apalagi dalam kondisi tidak menentu dari sisi cuaca.

Namun kejenuhan itu dapat ia atasi mengingat beli susu dan popok anak tidak akan pernah ada hentinya sampai umur 4 tahunan. Pengeluaran memang sangat membludak untuk kebutuhan anak krisna. Namun krisna selalu berpegang teguh pada pendirian dan keyakinannya yaitu “setiap anak yang lahir kedunia sudah membawa rezekinya masing-masing”.

Namun krisna harus bijaksana lagi dalam menjalani hidup bersama kedua anaknya. Sehingga krisna berpikir keras bagaimana agar anak krisna tidak menjadi korban dalam ia beraktivitas sehari hari seperti saat “Kepanasan, Kehujanan, Macet” yang kadang pula kedua anaknya harus tidur dijalan. Sungguh ironis sekali kondisi seperti ini. Tapi beginilah kekuatan krisna yang tidak pernah padam dalam ngemong kedua anaknya.

Sehingga krisna memutuskan untuk menutup toko offline nya dan bekerja dari rumah. Kini toko tersebut hanya dijadikan sebagai gudang, pengambilan barang dan bertemunya customer dengan krisna. Namun cerita kantong tidak berakhir disitu. Di rumah, krisna juga berpikir penuh bagaimana cara memperoleh rezeki lainnya.

Berhubung Krisna memiliki pengalaman dan kemampuan yang mumpuni, krisna pun memutuskan untuk menjadi seorang blogger kemudian menekuninya. Alhasil krisna telah banyak dikenali oleh blogger lainnya di Indonesia. Dan krisna juga selalu mencari peruntungan melalui profesi saat ini. Seperti: Aktif mengikuti Lomba Blog, Menerima Layanan Content Placement, dan menjadi Influencer sebagai layanan jasanya.

Tentu menjadi blogger juga harus didukung dengan kecepatan internet. Krisna mengapresiasi pemerintah jokowi dimana pada bulan oktober lalu telah meresmikan Palapa Ring untuk kecepatan akses internet terutama di bagian kota dan daerah yang sebelumnya belum mendapat akses internet.

Proyek Palapa Ring tersebut bagi krisna adalah salah satu mega proyek yang sangat memiliki banyak manfaat. Kini para anak anak di daerah terpencil sudah bisa mengakses internet untuk mengembangkan diri serta menemukan minat dan bakatnya berkat dukungan internet cepat tersebut. Krisna juga dapat berinteraksi dengan anak anak di daerah tersebut dengan koneksi internet. Luar biasa efek perkembangan dari proyek palapa ring ini.  

Menjadi blogger bukan merupakan hal baru bagi krisna, krisna secara basic sangat menguasai internet berdasarkan pengalaman kerjanya itu. Mengikuti Lomba Blog adalah salah satu bagaimana krisna secara aktif ambil bagian peruntungan ekonomi digital.

Kini, Krisna memiliki banyak prestasi yang di dapat dari mengikuti berbagai macam Lomba Blog sehingga kantong krisna pun terisi. Kebutuhan susu, popok jadi aman. Jadi Keseharian krisna dalam fokus dengan ngemong kedua anaknya tidak terganggu oleh panas, hujan dan macet lagi.

Apa yang dilakukan krisna merupakan Inovasi terhadap pengembangan dirinya dalam mengisi kantong keluarganya. Krisna juga menyiapkan dana untuk membesarkan usahanya tentu masih dibidang internet. Apa yang didapatkan krisna merupakan salah satu contoh yang benar-benar real yang menjadi inspirasi bagi banyak orang khususnya di indonesia.

Jika melihat data statistik bahwa Nilai ekonomi digital di Indonesia di prediksi telah mencapai angka US$40 miliar atau sekitar Rp565 triliun pada 2019 ini, maka wajib hukumnya untuk semua masyarakat melirik dengan tatapan optimis dalam perkembangan ini. Terbukti dengan Unicorn yang ada di Indonesia telah melahirkan dan menciptakan ribuan bahkan jutaan lapangan kerja yang tersebar berdasarkan lokasi dan daerah masing-masing.

Silahkan ambil kesempatan dan bagian ini untuk mengisi kantong misal di bidang ecommerce yaitu bisa menjadi seperti krisna dalam berjualan online. Atau jika ingin memiliki penghasilan tambahan juga bisa menjadi Driver ojek online. Semuanya adalah pekerjaan yang mulia dan tentu apa yang di dapatkan adalah rezeki yang halal.

Tantangan ekonomi digital bukan hanya disematkan kepada pengguna saja dengan Sumber Daya manusianya, namun juga disematkan kepada sang perusahaan penyedia layanan tersebut. Seperti bagaimana Perusahaan harus benar benar memiliki tingkat keamanan yang sangat tinggi sehingga tidak ada celah untuk oknum tidak bertanggung jawab merusak sistem digital perusahaan tersebut.

Suatu misal pada perusahaan ecommerce, wajib hukumnya untuk meningkatkan keamanan berlapis terutama pada situs websitenya dan berbagai sistem di dashboard. Atau jika Perusahaan layanan, harap memperbaiki berbagai macam celah kecurangan yang kerap terjadi dilakukan oleh pada pengguna yang nakal.

Telah banyak kasus di Indonesia, bagaimana sistem tidak aman ecommerce dapat mengelabui perusahaan ecommerce tersebut sehingga kerap terjadi kerugian bahkan milyaran rupiah. Atau driver ojek online yang menggunakan teknik hitam dalam mendulang banjir orderan. Sungguh perilaku tidak elok yang wajib dimusnahkan.

Perilaku seperti ini menjadi perhatian serius para perusahaan. Dan jika bisa, harap di jerat dan dibawa ke jeruji besi para pelanggar tersebut. Karena telah merugikan banyak pihak terutama bagi pekerja yang hanya berlandaskan faktor rezeki.

Krisna juga pernah menambahkan bahwa celah keamanan pada ecommerce berada pada nomor resi pengiriman yang di input adalah resi pengiriman valid namun bukan atas nama pengirim. Jika berhadapan dengan pembeli yang paham hal ini tidak akan mempan untuk ditipu, tapi bagi yang pembeli masih awam dalam membeli online, pasti akan kerap dijadikan objek penipuan online. Dan harap untuk perusahaan untuk benar-benar melakukan aktivitas terbaik dalam meningkatkan keamanan di seluruh aspek.

Ekonomi Digital di Indonesia sebenarnya sangat positif sekali dan dapat membuat masyarakat Indonesia semakin sejahtera dan berdikari (berdiri di kaki sendiri). Bukan hanya dari ecommerce dan aplikasi on demand services saja, melainkan pertanian dan perikanan juga memperoleh dampak positif dari pekembangan ekonomi digital ini. Saat ini, telah banyak platform yang mencoba mendorong sektor agrikultur di pedesaan untuk memanfaatkan teknologi digital. “Sebut saja aplikasi Regopantes untuk sektor pertanian, dan aplikasi Aruna untuk sektor perikanan,”

Kehadiran aplikasi tersebut tentu menjadi bagian penting bagaimana konsumen dapat memperoleh produk yang benar-benar segar kemudian harga yang sangat kompetitif. Kemudahan akses juga menjadi pilihan terbaik bahwa masyarakat saat ini tidak lepas dengan perkembangan teknologi digital.

Jadi masyarakat di Indonesia kini mau tidak mau harus berinteraksi dengan namanya online. Terlebih pada kios tradisional yang menjual aneka sembako. Karena akan mendulang pendapatan lebih besar dan cepat lagi melalui integrasi via online.

Pemerintah sendiri saat ini memang sedang menggalakkan dan mengembangkan serta mendukung ekonomi digital lebih baik sehingga dapat diciptakan Indonesia maju. Tentu sangat banyak sekali manfaatnya. Semuanya memang harus secara online dan transparan.

Saat ini telah banyak yang telah diraih pada periode jokowi 5 tahun sebelumnya. Selain infrastruktur yang memang nyata dan berguna untuk khalayak ramai, pembangunan infrastruktur langit juga sedang di gembleng habis-habisan. Dengan begitu juga berdampak pada tingkat korupsi yang akan semakin sedikit. karena semuanya telah dilakukan secara online.

Jika dahulu bayar tol dengan tunai maka saat ini bayarpun dengan e-tol. Dan beberapa yang bisa dilakukan dengan online seperti: bayar iuran BPJS, bayar pajak kendaraan bermotor dan banyak lagi. Tidak ada ceritanya grativikasi lagi para actor koruptor karena semuanya dengan online.

Dan Pemerintah daerah kini juga siap mengembangkan ekonomi digital pariwisata. Tentu dengan bekerjasama dengan Perusahaan Start up Indonesia dalam mempromosikan destinasi wisata yang ada di Indonesia.

Dengan perkembangan pesat ini krisna juga mulai melirik berbagai aktivitas ekonomi digital yang dapat mendatangkan rezeki untuk mengisi kantongnya. Kini krisna juga menjual berbagai produk digital seperti: Jual Pulsa, Token Listrik, Tiket Pesawat dan Tiket Kereta Api.

Pendapatan berjualan produk digital juga lumayan. Krisna mengambil peluang tersebut karena krisna tinggal di lokasi padat penduduk sehingga produk digital yang krisna jual juga bergerak setiap harinya. Jadi walau berada di rumah untuk ngemong anak, krisna juga mendapatkan pendapatan dari berjualan produk digital.

Selain membantu tetangganya yang sedang urgent misal listrik tiba tiba mati karena kehabisan pulsa token, krisna juga memperoleh pendapatan yang jika semakin banyak tetangga yang membeli produk digital maka semakin besar pula pendapatan krisna.

Sementara itu penjualan produk digital krisna juga dibantu oleh sang istri. Istri yang berprofesi sebagai dosen di salah satu univeritas di tangerang selatan juga kerap untuk menjual produk digital kepada mahasiswanya serta rekan – rekan dosen sejawat lainnya.

Alhasil ternyata kebutuhan mahasiswa itu lebih besar yang dibayangkan, hampir tiap hari ada saja yang membeli Pulsa dan Token Listrik kepada istri krisna di kampus. Ternyata sangat besar efek dari Ekonomi Digital di Indonesia ini. Semua elemen masyarakat juga bisa ikut andil dan ambil bagian untuk mengisi waktu luang dan kantong.

Salah satu faktor keberhasilan dalam berjualan di era digital ini adalah tidak malu, tidak gengsi dan tidak pula minder. Karena sikap tersebut akan membawa kita kepada hal yang negatif dan semakin jauh tertinggal digerus oleh perkembangan zaman.

Jadilah manusia yang cerdas, tangguh dan cepat dalam mengambil solusi. Sehingga kehidupan positif akan selalu menyertai kita. Seperti yang telah dilakukan oleh sosok krisna. Memang belum sempurna seutuhnya, namun belajar dari kisah inspiratif dan membuat kita semakin baik dari sebelumnya, itu pertanda bahwa ada kemajuan pada diri kita.

Setelah bisa untuk mengembangkan potensi diri maka berikutnya adalah bersama-sama dengan pemerintah untuk selalu mendukung program pemerintah terlebih pada kemajuan Ekonomi Digital di berbagai sektor.

Pemerintah di 5 tahun sebelumnya telah banyak memberikan berbagai kemajuan di Indonesia. Terbukti dengan perkembangan dan aset negara yang dari tahun ke tahun pendapatannya meningkat. Perlunya sumber daya manusia adalah faktor utama sebuah negeri dalam bersama-sama memajukan negeri pertiwi ini.

Salah satu faktor untuk menjadi pribadi yang cerdas, kuat dan tangguh adalah membentuk sumber daya pribadi sebaik mungkin dimulai dari kesadaran mengenai berita informasi yang dibagikan secara digital. Informasi tersebut wajib agar diteliti kebenarannya agar tidak menjadi berita palsu dan membawa kita kepada pemikiran buruk dan asumsi publik negatif.

Berita Hoax memang menjadi perhatian serius pemerintah era digital ini. Pemerintah fokus untuk memerangi berita hoax yang ditujukan untuk menjatuhkan, membuat negara kacau balau. Salah satu peranan kita adalah bagaimana aga kita terbebas dari berita palsu tersebut. Ada banyak cara yaitu selalu memfilter berita palsu tersebut sebelum diterima dan menimbulkan sebuah asumsi.

Ada banyak kasus juga di negeri ini hanya karena berita palsu ia harus rela memutuskan relasi silaturrahmi keluarga, rekan bisnis, teman bahkan sahabat yang telah lama kenal dan mengisi kehidupan.

Bagaimana seorang pebisnis online sukses dengan bisnis internetnya namun kemudian gara gara berita hoax kemudian mereka juga ikut-ikutan dan memutuskan banyak relasi bisnis yang selama ini telah mendapatkan banyak keuntungan. Tanpa pikir panjang. Dan alhasil kondisi bisnis sang pebisnis online tersebut kini semakin terpuruk dan bahkan gulung tikar karena satu faktor penyakit tersebut yaitu karena “Berita Hoax”.

Jadilah sesosok seperti Krisna diatas, dimana menjadi pribadi yang cerdas dan tangguh. Krisna selalu melihat peluang ekonomi digital di Indonesia, krisna tidak mudah terbawa arus berita yang simpang siur, dan krisna juga selalu menjadi pribadi yang positif dalam memandang kinerja pemerintah dari periode ke periode.

Karena Krisna sadar bahwa orang yang terpilih untuk menjadi pemimpin adalah orang yang sudah benar dan tepat. Dari awal Indonesia merdeka yaitu pada jamannya bung karno selaku presiden pertama telah melakukan banyak perubahan negeri ini dan telah berkontribusi penuh untuk bangsa.

Sama dengan pemerintahan jokowi di periode sebelumnya yang telah memberikan banyak kontribusi untuk bangsa Indonesia. Kini bapak jokowi telah menduduki orang nomor 1 di Indonesia di periode 5 tahun mendatang. Dimana beliau sudah memiliki berbagai program bagus untuk kesejahteraan rakyat Indonesia.

Krisna sangat mendukung sekali bapak jokowi terutama dari segi perkembangan ekonomi berbasis digital. Jokowi sangat antusias dan merupakan garda terdepan dalam membawa Indonesia maju melalui perkembangan dunia teknologi era ini.

Kini pun lini kementrian terpilih sudah terisi oleh putera puteri terbaik bangsa yang telah berkontribusi penuh pada bangsa Indonesia untuk mensejahterakan rakyat. Tentu ini adalah berita baik dan pak jokowi telah memilih yang tepat dan sesuai.

Krisna pun yakin di periode 5 tahun mendatang akan bakal ada banyak terobosan baru dan inovasi yang  menguntungkan melalui pemikiran dan ide cemerlang dari sang menteri terbaik bangsa ini. Dan tugas krisna kini adalah melanjutkan kemerdekaan dengan menjadi motor penggerak di kehidupan keluarga, bermasyarakat dan bernegara dengan cara yang bisa dilakukan yaitu: Ikut andil dan ambil bagian dalam perkembangan ekonomi digital di Indonesia, ikut melestarikan dan menjaga negara sebagaimana ia telah beribadah kepada sang pencipta.

Selain itu Krisna harus dapat membentuk karakter sang duo srikandi yaitu kedua putrinya agar dapat di masa mendatang menjadi pribadi yang cerdas, tangguh dan kuat.  Dan krisna juga menyadari bahwa kedua putrinya juga merupakan aset negara yang sebenarnya di masa mendatang. Oleh sebab itu penting untuk merawat dengan baik kedua putrinya itu

Berusaha maksimal adalah proses yang diajarkan oleh guru dan orang tua sejak dahulu kala. Namun juga disertai doa. Dengan begitu ada korelasi yang tepat antara ikhtiar dan doa sehingga terciptalah suatu proses yang terbaik dalam menjalani kehidupan ini.

Akhir kata: Ikut andil dan ambil bagian dalam pesatnya perkembangan teknologi informasi seperti ekonomi digital Indonesia dengan menjadi salah satu yang telah dikerjakan oleh Krisna adalah pekerjaan yang sangat mulia, pekerjaan yang sangat barokah dan diberkati oleh tuhan yang maha esa. Kemudian mendukung pemerintah adalah salah satu bentuk cinta tanah air Hubbul wathon minal iman (cinta tanah air adalah bentuk dari ibadah) danmenggembleng diri agar terbebas dari penyakit Hoax adalah salah satu bentuk pengembangan Sumber Daya Pribadi menjadi lebih baik. Sehingga di kehidupan bermasyarakat akan menampilkan output yang menawan, toleransi yang tinggi dan menyejukkan. Rasanya Indonesia akan maju jika seluruh pemuda pemudinya memiliki karakter seperti sosok inspiratif seperti Krisna.

Demikianlah tulisan saya ini saya buat dengan Judul “ Dari Urusan Ngemong Anak Hingga Kantong “. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan