Biografi BJ Habibie Presiden Ke-3 RI

Inilah Biografi BJ Habibie Presiden Ke-3 RI (Republik Indonesia) yang sangat inspiratif dan memotivasi di tahun 2022 ini. Tokoh berikut ini merupakan salah satu tokoh terbaik bangsa karena mega karyanya dalam menemukan pesawat pertama kali di Indonesia. Ia adalah Almarhum BJ Habibie Presiden Ke-3 Republik Indonesia setelah mundurnya Presiden Soeharto kala itu.

Mari kita ulas Profil Biodata atau Biografi dari Almarhum Bapak BJ Habibie ini.

BJ Habibie

Pada tahun 1954, BJ Habibie tamat SMA kemudian langsung melanjutkan ke ITB (Institut Teknik Bandung). Beliau hanya menghabiskan waktu setengah tahun, kemudian langsung melanjutkan studi ke Rhenisch Wesfalische Tehnische Hochscule (RWTH), Aachen, Jerman. Dan pada tahun 1960, BJ Habibie berhasil memperoleh gelar pertamanya yaitu Diploma dari Technische Hochschule.

Pada tahun 1965 BJ Habibie kembali memperoleh gelar doktor di Rhenisch Wesfalische Tehnische Hochscule (RWTH), Aachen, Jerman. Memiliki nama lengkap yaitu Bacharuddin Jusuf Habibie. Tempat tanggal lahir di kota Parepare Sulawesi selatan pada tanggal lahir yaitu 25 Juni 1936. Untuk orang tua BJ Habibie yaitu ayahnya bernama Alwi Abdul Jalil Habibie dan ibunya bernama RA Tuti Marini Puspowardojo. Bacharuddin Jusuf Habibie ini merupakan anak keempat dari delapan bersaudara.

Istri dari Alm BJ Habibie yaitu Almarhumah Hasri Ainun Habibie. Salah satu tokoh yang juga menginspirasi banyak orang terutama mengenai kesetiaannya. Mereka memiliki anak yaitu Ilham Akbar dan Thareq Kemal.

biografi bj habibie
Sumber. WikiPedia

Karier BJ Habibie

Awal mula Karier BJ Habibie yaitu sejak kepemimpinan Presiden Soeharto. Ia memperoleh mandat menjabat menteri riset dan teknologi. yang berjalan dari tahun 1978 hingga 1998 atau 20 tahun lamanya. Pada tahun 1998 indonesia dihadapkan dengan krisis dan membuat presiden soeharto mundur dari jabatannya sebagai Presiden ke-2 di Indonesia. dan menetapkan BJ Habibie sebagai presiden ke-3 Republik Indonesia dari 1 mei 1998 sampai 20 oktober 1999.

Baca Juga:   [DONE] Kontes Blog FlowerAdvisor | Total Hadiah 19 Juta

Sebelum terbang ke Indonesia, ternyata BJ Habibie telah lebih dulu berkarier di Jerman. Beliau sempat bekerja di berbagai perusahaan penerbangan serta konstruksi pesawat yang pada saat juga BJ habibie telah menikah dengan Ainun. Saat berkarier bersama para insinyur dari perusahaan spanyol CASA, BJ Habibie berhasil merancang proyek pesawat CN-235 yang kemudian proyeknya tersebut berhasil mengudara pada akhir tahun 1983.

biografi bj habibie

Pada tahun 1995 BJ Habibie berhasil membuat pesawat pertama Indonesia. Pesawat N250 Gatotkaca adalah namanya. ia bekerja bersama timnya dari industri IPTN (Industri Pesawat Terbang Nusantara) dan berhasil mempersembahkan Pesawat N250 Gatotkaca dengan baling-baling yang memiliki daya angkut penumpang antara 50 hingga 70 penumpang. (Sumber)

Diperbaharui: Sabtu, 11 Mei, 2024