Kanal PPID Pemda DIY Sebagai Media Anti Hoaks Mewujudkan Informasi Akurat

Agustus 12, 2019

Melalui Website Kanal PPID Pemda DIY Sebagai Media Anti Hoaks Mewujudkan Informasi Akurat bagi masyarakat yang membutuhkan. Informasi tersaji dengan transparan. sehingga memudahkan pencari informasi berselancar di situs PPID Pemda DIY. #pagelaranTIK2019 #kominfodiy

Saat ini kita berada dalam perkembangan teknologi yang sungguh luar biasa pesatnya. semua bisa mendapatkan dengan cepat berbagai informasi yang dicari hanya dengan mengandalkan konektivitas dari yang namanya internet.

Seperti pada umumnya kebanyakan orang yaitu mengakses dan mencari berbagai informasi yang mereka pikirkan hanya dengan menggunakan smartphone mereka. hal itu dikarenakan bahwasanya smartphone saat ini dapat mensejajarkan peran dan fungsinya yaitu sejajar dengan yang namanya Nasi. dimana nasi merupakan kebutuhan primer yang wajib dikonsumsi, sedangkan smartphone yaitu wajib dimiliki.

Informasi Hoaks merupakan Problematika di Media Era Digital

Berbagai macam informasi yang ada di internet merupakan data yang semua orang bisa membuatnya kemudian menampilkannya. penting bagi pencari informasi melalui internet harus mengetahui sumber terpercaya yang terkandung dalam tulisan yang dimuat bahkan direkomendasikan untuk mengetahui siapa penulisnya sehingga diketahui pula bahwa informasi tersebut bukan abal-abal atau asal asalan.

Permasalahan yang sering terjadi adalah informasi yang memuat tentang informasi palsu atau tidak akurat dan lebih friendly dengan sebutan Informasi Hoaks. Informasi tersebut tentu sangat merugikan banyak masyarakat sebagai pencari informasi karena pasti informasi tersebut bersifat menjatuhkan, menjelek-jelekkan, memprovokasi dan tentunya telah melanggar undang undang ITE.

Dengan adanya Problematika Informasi Palsu tersebut maka perlu dengan adanya edukasiserta literasi pendidikan dalam menyaring seluruh informasi yang didapatkan dengan benar – benar sesuai informasi yang asli.

Pemda DIY pada khususnya dan masyarakat pada umumnya sedang gencar dan saling bersinergi dalam menggalakkan Media Anti HOAKS untuk mewujudkan Informasi Akurat sehingga masyarakat pun memperoleh banyak manfaat. kedepan juga menuju indonesia maju berkat SDM unggul.

Peranan Kanal PPID Pemda DIY Sebagai Media Anti Hoaks

Salah satu bentuk kepedulian Pemda DIY yakni berusaha menyajikan informasi yang benar benar akurat anti Hoaks yakni melalui PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) yang diintegrasikan diimplementasikan melalui Kanal Website PPID D.I Yogyakarta yaituhttps://ppid.jogjaprov.go.id/

  1. Sehingga masyarakat mendapatkan informasi akurat seperti Informasi Publik (Informasi Berkala, Informasi Serta Merta, Informasi Setiap Saat, Informasi Dikecualikan, Maklumat, Produk Hukum, Statistik Layanan Publik).
  2. Informasi Transparan seperti Layanan Informasi diantaranya (Permohonan Informasi & Tracking, Permohonan Keberatan, Standar Operasional Prosedur, Indeks Kepuasaan, Statistik Keuangan, Rencana Kerja, Laporan Kinerja).
  3. Serta ada informasi seputar Berita DIY dan seputar Berita PPID yang di update secara konsisten dan kontinyu.

PPID sendiri memang harus berperan aktif dalam konten tidak benar, palsu atau hoaks. PPID sendiri dapat memberikan klarifikasi terhadap berita yang benar ataupun yang tidak benar, agar masyarakat tidak kebingungan secara berlama-lama.

Bagaimana Pendapat Masyarakat Mengenai PPID Terkait Pelayanan Informasi?

Saya melakukan uji data pada masyarakat yang dalam hal ini diwakili oleh istri saya sendiri yakni dengan memberikan pertanyaan seperti diatas yaitu bagaimana pendapat atau opiniterkait pelayanan informasi melalui PPID? ternyata istri saya masih belum mengetahui apa itu PPID, apa peranan dan fungsinya, bagaimana cara kerja nya dan apa manfaat bagi masyarakat?

namun setelah saya menjelaskan satu persatu mengenai PPID tersebut, ada istri saya memberikan jawaban terbaiknya yang mengatakan “Bagus, karena ini merupakan salah satu bentuk upaya dalam menangkal informasi palsu / hoaks agar masyarakat semakin cerdas dan berpikir jernih mengenai informasi yang didapati”.

Beberapa Hal yang perlu diperhatikan dan dikembangkan PPID (Menurut Saya)

#1 SUMBER DAYA MANUSIA / SDM

Sumber Daya Manusia harus benar benar dikembangkan dan selektif terutama kepada seluruh yang bekerja di PPID. karena SDM unggul indonesia maju. Sejalan dengan SDM yang berkualitas harus memupuk karakter terlebih dahulu akan bekerja dengan sepenuh hati terutama dalam memberikan informasi yang akurat dan memiliki jiwa soliditas antar tim kerja untuk memberikan layanan optimal.

Saling bersinergi dan komunikatif dalam berinovasi ke arah yang lebih baik untuk mencanangkan berbagai program PPID khususnya Yogyakarta. karena dengan Tenaga sumber daya manusia yang kredibel maka pasti layanan informasi yang akan disalurkan oleh seluruh yang bekerja di PPID juga menjadi pendongkrak rasa semangat dan peduli menangkis terhadap maraknya berita bohong, palsu atau dengan sebutan hoaks.

#2 MENGGALAKKAN PROFIL PPID

PPID memang wajib harus menggalakkan mengenai profilnya yakni seperti apa itu PPID, apa peranan dan fungsinya, bagaimana cara kerja nya dan apa manfaat bagi masyarakat? Karena sebagian besar masyarakat pada umumnya masih awam mengenai kata PPID tersebut. dengan menggalakkan profil PPID maka masyarakat akan lebih dekat lagi dan segala macam konten di dalamnya masyarakat juga akan lebih mencerna.

Bukan hanya seputar profil saja yang digalakkan, namun visi misi, maksud dan tujuan yang jelas serta pencapaian yang ingin diraih juga harus terpampang nyata saat menggalakkan profil PPID.

#3 MELIBATKAN KAMPANYE IKLAN

PPID butuh yang namanya iklan dimana membutuhkan untuk memasarkan lebih banyak lagi ke media massa seperti koran, Google adwords, facebook dan instagram campaign. harus ada anggaran budget tersendiri untuk menggalakkan PPID ke dunia melalui periklanan dan advertising.

Selain budget, sumber daya manusia yang berperan aktif dalam kampanye iklan juga harus yang telah lolos kriteria diantaranya paham dan mengerti cara membuat kampanye iklan yang disesuaikan dengan target pembaca.

#4 BERSINERGI DENGAN BLOGGER, VLOGGER, YOUTUBER

PPID memang harus bersinergi dengan Blogger, Vlogger, Youtuber untuk menggalakkan profil PPID. Misal dengan mengadakan Lomba Menulis Artikel Blog, Membuat Video Kreatif Vlogger atau endorse pada youtuber yang telah memiliki engagement yang tinggi. sehingga literasi dan edukasi tersampaikan ke khalayak ramai dan dicapainya suatu tujuan yakni memberikan informasi tanpa hoaks!

Peranan ketiga nya yakni blogger, vlogger dan youtuber memang saat ini sedang digandrungi banyak advertiser. karena mereka sadar bahwa dengan melalui ketiga diatas maka akan memperoleh dampak yang sangat optimal menyalurkan apa yang akan dipresentasikan yakni mengenai PPID.

#5 BEKERJASAMA DENGAN MEDIA RADIO DAN TELEVISI

PPID juga perlu untuk bekerjasama dengan Radio Channel dan Televisi untuk menggalakkan profil tersebut. karena media radio dan televisi memiliki banyak pendengar setia dari berbagai kalangan.

Dengan memakai metode ini maka semua akan mengenal lebih dalam apa itu PPID. media radio dan televisi merupakan media yang paling ideal untuk mnyampaikan seputar PPID khususnya Yogyakarta.


Dari kelima hal tersebut diatas masih ada 1 hal lagi yaitu SOSIALISASI PPID melalui program dan tema yang diangkat disesuaikan dengan maksud dan tujuannya. untuk point sosialisasi sendiri sudah sangat baik sekali menurut saya. karena berdasarkan data yang saya dapatkan dan kumpulkan bahwa PPID telah melaksanakan banyak kegiatan untuk merangsang penangkalan dalam berita hoaks yang beredar.

Struktur Organisasi PPID DIY di Kanal PPID Pemda DIY

Jika anda menginginkan informasi yang up to date seputar yogyakarta dan PPID maka silahkan mendownload di Google Store, dan ini gratis. Download sekarang!

Pencarian dari Google:

Demikianlah artikel berjudul “Kanal PPID Pemda DIY Sebagai Media Anti Hoaks Mewujudkan Informasi Akurat” telah tayang. Tulisan ini diikutsertakan dalam kompetisi Pagelaran TIK yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika DIY 2019, Dengan tema “Opini Masyarakat Terhadap Pelayanan Informasi Pemda DIY Melalui PPID“. Semoga bermanfaat.

5/5 (1)

Pendapat Pembaca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *