UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

UNTAN Membangun Ekosistem Digital | CYBER UNIVERSITY

Edukasi

Bisakah UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University tahun 2020 dan mendatang? Pertanyaan ini tentu dapat menjadi berita bagus bagi para calon mahasiswa yang hendak memilih untan sebagai perguruan tingginya. Tahukah anda, Untan ini termasuk salah satu universitas ternama yang ada di Kalimantan Barat Indonesia. Pemilik nama Universitas Tanjungpura ini juga memiliki segudang prestasi yang telah diraih oleh anak didik atau mahasiswanya.

UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University
UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

Mengenal Universitas Tanjungpura UNTAN

Bagi anda yang sedang berlokasi di pontianak dan saat ini sedang bingung dalam menentukan universitas yang tepat, maka anda dapat mencoba untuk mengenal Universitas Tanjungpura atau yang dikenal dengan UNTAN.

Tentang UNTAN yang hingga saat ini telah memiliki mahasiswa sebanyak 31 rb, alumni lulusan untan sebanyak 66 rb, program studi sebanyak 95, fakultas ada sebanyak 9, kemudian di dukung oleh dosen yang mengabdi sekitar 1011 dosen dan telah memiliki dan menjalankan penelitian sebanyak 33 rb.

Lantas sejak kapan UNTAN ini sendiri di dirikan? kenapa telah banyak sekali lulusan maupun program studi dan fakultas yang dibidik?

Sejarah Universitas Tanjungpura UNTAN

Universitas Tanjungpura Pontianak UNTAN ini memiliki histori sejarah yang layak untuk anda ketahui wahai calon anak didik. Pertama, UNTAN didirikan pada tahun 1959 tepatnya pada tanggal 20 mei.

Jika dihitung hingga saat ini untan telah berjalan sekitar 61 tahun lamanya.

Universitas Tanjungpura membangun ekosistem digital menuju cyber university

Saat didirikan tersebut UNTAN masih bernama Universitas swasta Universitas Daya Nasional yang memiliki 2 fakultas yaitu Fakultas tata niaga dan fakultas hukum.

Saat didirikan, universitas tersebut melalui konfigurasi antara tokoh politik dan pemuka masyarakat yang ada di Kalimantan barat saat itu.

Seiring berjalannya waktu pergantian nama pun juga kerap dilakukan karena universitas akan di negerikan, yakni dari Universitas Daya Nasional berganti menjadi UNEP (Universitas Negeri Pontianak). ini terjadi pada tahun 1963.

2 tahun berselang yaitu Pada tahun 1965 UNEP pun diganti dengan nama Universitas Dwikora. Nah pada 2 tahun berikutnya yaitu tahun 1967 tepatnya tanggal 15 agustus baru nama UNTAN pun diresmikan.

Dan kini pada tahun 2020 telah diketahui daftar pemimpin yang mengelola Universitas Tanjungpura UNTAN tersebut.

Pemimpin UNTAN Universitas Tanjungpura Pontianak

UNTAN (Universitas Tanjungpura Pontianak) kini di pimpin oleh seorang Rektor Bernama Prof. DR. Garuda Wiko, S.H., M.SI. Beliau juga sangat mendukung penuh agar UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University.

Kemudian memiliki peta organisasi yakni di wakil rektor berbagai bidang. diantaranya adalah: bidang akademik, umum dan keuangan, kemahasiwaan dan alumni serta perencanaan dan kerjasama.

Berikut ini adalah nama – nama pemimpin yang mewakili rektor UNTAN di berbagai bidang tersebut.

  1. Dr. Ir.Radian, M.S. sebagai wakil rektor bagian akademik.
  2. Dr. Hj. Jamaliah, S.E., M.Si. wakil rektor di bidang umum dan keuangan.
  3. Dr. H. Achmadi, M.Si selaku wakil rektor di bidang kemahasiswaan dan alumni.
  4. Ir. Junaidi, M.Sc.,IPM yaitu sebagai wakil rektor di bidang perencanaan dan kerjasama.

Dari sejak didirikan, UNTAN tentu memiliki sebuah visi dan misi keorganisasian.

Visi dan Misi Membangun UNTAN

UNTAN memiliki Visi yaitu menjadi Sebuah Institusi Preservasi & Pusat Informasi ilmiah yang ada di Kalimantan barat, dimana dapat menghasilkan luaran yang bermoral pancasila kemudian mampu untuk membangun dan berkompetisi di tingkat dunia seperti tingkat daerah, nasional, regional dan internasional.

Sedangkan untuk Misinya sendiri,

UNTAN akan menyelenggarakan pendidikan tinggi yang menghasilkan luaran berkualitas serta bermoral pancasila, kemudian mampu untuk mengikuti serta mengembangkan dan memajukan IPTEK, kemudian UNTAN dapat menyelenggarakan penelitian disertai dengan pengabdian pada masyarakat agar menjadi institusi preservasi dan pusat informasi yang ada di Kalimantan Barat.

Lantas selain visi dan misi, Apakah UNTAN ini juga memiliki Tujuan?

Tujuan Membangun UNTAN Pontianak

Tentu saja, UNTAN selaku Universitas yang ada di Pontianak Kalimantan Barat ini juga memiliki Tujuan mulia sekali yakni agar segala kegiatan yang dilakukan oleh UNTAN dapat membangun untan menjadi perguruan tinggi yang unggul dan berdaya saing sebagai wujud merealisasikan perguruan tinggi negeri berbadan hukum.

Saat ini yaitu tahun 2020 UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University (Universitas siber) yang ada di Pontianak , kalimantan barat indonesia.

UNTAN Menuju Cyber University

Sebelum menuju Cyber University, UNTAN Membangun Ekosistem Digital terlebih dahulu. karena perlu disadari atau tidak bahwasanya dalam membawa arus perkembangan universitas siber agar lebih solid, maju dan berkembang memang dibutuhkan Pembangunan Ekosistem Digital.

UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

Ekosistem Digital harus mampu di integrasikan antara seluruh elemen UNTAN (Universitas Tanjungpura) ini. Dibawah Pimpinan Rektor UNTAN yaitu Prof. DR. Garuda Wiko, S.H., M.SI beserta jajarannya, ternyata membuka lebar Ekosistem Digital tersebut serta menatap optimis UNTAN akan menjadi Universitas terkemuka yang mampu berdaya saing seperti berbasis Digital.

Untuk menuju Universitas Siber, UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University dimana sedang berusaha untuk mengikuti perkembangan jaman dan digitalisasi. baik dari segi pembelajaran maupun beragam bentuk inovasi lainnya.

Seperti misalnya: e-learning, sikesma, teknologi QRIS maupun aktifitas teleconference di masa pandemi ini.

E-learning UNTAN Menuju Cyber University

Pembelajaran elearning ini sebenarnya telah dikembangkan oleh hampir seluruh universitas dan perguruan tinggi yang ada di indonesia, termasuk Universitas Tanjungpura Pontianak Kalimantan Barat UNTAN. Hal itu sebagai penunjang Untan dalam Menuju Cyber University.

Untan Membangun Ekosistem Digital

Teknologi pembelajaran berbasis website ini adalah sebuah keharusan bagi universitas yang menuju Cyber University seperti UNTAN ini. pasalnya, dengan kehadiran teknologi ini sangat memudahkan pembelajaran yang dapat dilakukan via online antara dosen dengan mahasiswa dan tidak terbatas waktu, sehingga predikat UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University pun dapat terealisasikan.

Selain E-learning, ada juga Sikesma.

Sikesma UNTAN Menuju Cyber University

Selain E-learning yang diluncurkan oleh UNTAN, dalam menuju Cyber University ini, dengan bangga UNTAN melalui fakultas kehutanan juga meluncurkan Sistem informasi kemahasiswaan (Sikesma) yang berbasis teknlogi website.

Untan Menuju Cyber University

Sikesma UNTAN dengan teknologi website ini menyajikan secara online tentang berbagai informasi kegiatan kemahasiswaan baik secara organisasi, kelompok atau individual. selain itu juga dilengkapi dengan menu seperti sistem pengajuan usulan, registrasi user, verifikasi, laporan hasil kegiatan, analisis dan statistik serta penyajian hasil laporan akhir secara UP To Date.

Teknologi QRIS UNTAN Menuju Cyber University

Setelah Sikesma berbasis website, untuk menuju cyber university UNTAN juga membuka peluang kerjasama selebar-lebarnya untuk mewujudkan Ekosistem Digital yang ada di ruang lingkup internal kampus itu sendiri. dan yang terbaru adalah UNTAN bekerjasama dalam mewujudkan teknologi QRIS (Quick Response Code Indonesia Standard).

Untan membangun digital cyber university

QRIS ini adalah teknologi pembayaran yang mudah dengan berbasis mobile. UNTAN telah bekerjasama dengan perwakilan Bank Indonesia kalimantan barat untuk merealisasikan teknologi ini.

Kini mahasiswa dan seluruh elemen Kampus UNTAN dapat dengan mudah dan praktis dalam urusan pembayaran melalui teknologi digital QRIS ini.

Teleconference UNTAN Menuju Cyber University

Selain ketiga ekosistem digital yang dibangun UNTAN menuju cyber university, untan juga ikut andil terhadap arus perkembangan teknologi terkini terutama di situasi saat ini.

Situasi dimana negara telah dihadapkan dengan namanya pandemi wabah covid 19. Situasi ini membuat UNTAN selaku Universitas negeri juga patuh atas instruksi pemerintah pusat seperti diantaranya adalah dengan bekerja di rumah, beribadah di rumah.

Untan menuju digital cyber university

Seluruh elemen UNTAN kini memanfaatkan digitalisasi berbasis online yaitu teleconference dalam memenuhi aktifitas seperti misalnya: Rapat, Kegiatan belajar mengajar, bahkan Ujian pun dilakukan secara teleconference.

Dan berkat ekosistem digital ini, UNTAN telah berhasil membangun perguruan tingginya menuju Universitas Siber.

Kemudian dalam menghadapi kondisi New Normal pun UNTAN dapat mengandalkan Siber sebagai solusinya. Dosen FKIP UNTAN pun telah menyiapkan pendidikan menuju Normal baru.

Aplikasi Ortu Untan Jadi Bukti Cyber University

View this post on Instagram

#NEWS [UNTAN LUNCURKAN APLIKASI UNTUK ORANG TUA MAHASISWA] . Pada era digitalisasi ini, fasilitas bagi orangtua untuk melakukan pengecekan terhadap aktifitas perkuliahan putra/putri mereka baik data akademis maupun data administrasi sudah menjadi kebutuhan. Hal tersebut terlihat sederhana tetapi akan menjadi masalah yang sangat fatal ketika mahasiswa yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan kelemahan tersebut untuk berbuat hal negatif pada masa perkuliahan dan hal tersebut dapat berdampak langsung pada nilai dan tingkat kelulusan mahasiswa. Pada awal tahun 2018, Universitas Tanjungpura telah mengimplementasikan sebuah aplikasi berbasis Android yang diperuntukan bagi orangtua/wali mahasiswa agar dapat melakukan monitoring terhadap putra/putri mereka yang sedang menimba ilmu di Universitas Tanjungpura. Prof. Thamrin Usman selaku rektor Untan mengharapkan aplikasi ini dapat menjadi solusi bagi para orang tua mahasiswa, terutama bagi orang tua yang berada di luar kota Pontianak, bahkan banyak mahasiswa Untan yang berasal dari luar pulau Kalimantan. Aplikasi ini dapat ditemukan pada “Google play store”, diunduh dan diinstall dengan mudah di perangkat masing-masing. Orang tua/wali tinggal masuk ke aplikasi play store dan memasukkan kata kunci “ortu untan” atau langsung ke alamat https://play.google.com/store/apps/details?id=com.embarcadero.OrtuUntan Untuk mendapatkan PIN orangtua, dapat menginputkan data pada alamathttp://ortu.untan.ac.id/, data yang diinput akan divalidasi, kemudian orangtua/wali akan memperoleh PIN yang dikirim oleh sistem via sms. Red. www.untan.ac.id #Untan #UniversitasTanjungpura

A post shared by Universitas Tanjungpura (@univtanjungpura) on

Sesungguhnya Pertanyaan mengenai Bisakah “UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University” ini telah terjawab dari pembahasan diatas, dimana Untan telah berhasil membuat banyak terobosan dan selalu welcome terhadap inovasi terbaru yang berkaitan dengan teknologi terbaru tersebut.

Oleh karenanya, Untan pun telah berhasil membangun ekosistem digital.

Dengan begitu dalam menuju cyber university, untan harus selalu open mind terhadap bentuk perkembangan dunia digital saat ini dan berdaya saing terhadap berbagai tantangan jaman.

Follow Sosial Media UNTAN Membangun Ekosistem Digital

Cara Menghubungi UNTAN Digital Cyber University
  • Alamat: Jl. Prof.Dr.H.Hadari Nawawi / Jendral Ahmad Yani, Pontianak – Kalimantan Barat (78124)
  • Telepon: (0561) 739630
  • Email: untan_59@untan.ac.id atau helloadmin@untan.ac.id
Untan membangun ekosistem digital menuju cyber university terbaru

Artikel ini Masuk pada Kategori Pencarian Google:

  • UNTAN Membangun Ekosistem Digital
  • Menuju Cyber University
  • Demikianlah artikel tentang “UNTAN Membangun Ekosistem Digital | CYBER UNIVERSITY” ini telah tayang. semoga bermanfaat.

    Tinggalkan Balasan