Cara Menggunakan Google Ads Manager (Fitur, Manfaat & Keuntungan)

Panduan Cara Menggunakan Google Ads Manager (Fitur, Manfaat & Keuntungan) Untuk Pasang iklan atau Mempromosikan Aplikasi.

Jika kamu adalah seorang pebisnis dan merupakan owner dari perusahaan yang memiliki sejumlah produk, maka penting untuk mengiklankan produk tersebut guna memperoleh insight yang lebih luas dan menciptakan penjualan yang pesat.

Pasang iklan dan mempromosikannya adalah hal penting sebagai bagian dari strategi marketing khususnya online atau digital. Tak hanya pebisnis saja, bagi kamu seorang developer aplikasi pun juga perlu untuk mempromosikan aplikasi kamu di internet dan Google ads manager adalah solusinya.

Apa itu Google Ads Manager

Apa itu Google Ads Manager? Google Ads Manager adalah platform periklanan yang memungkinkan pengguna untuk membuat, mengelola, dan mengoptimalkan kampanye iklan mereka di Google.

Apa itu Google Ads Manager

Melalui Google Ads, pengiklan dapat menargetkan audiens spesifik, mengatur anggaran, dan melacak kinerja iklan di berbagai saluran, termasuk pencarian, display, dan YouTube.

Ini membantu bisnis untuk meningkatkan visibilitas dan mencapai tujuan pemasaran dengan lebih efektif dan efisien.

Keuntungan Google Ads Manager

Berikut adalah beberapa keuntungan menggunakan Google Ads Manager:

  1. Dapat menargetkan audiens berdasarkan demografi, lokasi, minat, dan perilaku guna meningkatkan relevansi iklan.
  2. Pengiklan juga dapat mengatur anggaran harian dan total sehingga dapa memberikan kontrol penuh atas pengeluaran.
  3. Dapat melakukan strategi pemasaran iklan dengan berbagai variasi karena di Google Ads Manager telah tersedia berbagai format iklan seperti teks, gambar maupun video.
  4. Tersedia Fitur analitik mendetail untuk memantau kinerja iklan dan mengukur ROI secara real-time.
  5. Dapat meningkatkan efektivitas kampanye iklan yang dibuat dengan melakukan optimasi dan A/B testing.
  6. Dapat meningkatkan peluang jangkauan audiens yang luas karena Iklan akan ditampilkan di hasil pencarian Google maupun di situs mitra google seperti di blog website.
  7. Dapat terintegrasi dengan Google Analytics maupun platform lain guna melakukan analisis iklan yang lebih mendalam.
  8. Sangat mudah untuk mengubah pengaturan kampanye iklan dan menjadikannya responsif terhadap kebutuhan pasar yang dinamis.
Baca Juga:   Cara Beli S&P 500 di Pluang (Panduan Langkah demi Langkah)

Dengan keuntungan-keuntungan diatas tentu menjadikan Google Ads Manager ini sebagai alat yang efektif untuk mencapai tujuan pemasaran, periklanan maupun promosi.

Fitur Google Ads Manager

Fitur dan manfaat utama memakai Google Ads Manager meliputi:

  1. Kampanye Iklan Berbasis Tujuan yang Memungkinkan pengguna untuk memilih tujuan dari kampanye iklan tersebut, apakah untuk peningkatan penjualan atau kesadaran merek.
  2. Targeting Audiens di Pengaturan untuk menargetkan calon pelanggan berdasarkan demografi, lokasi, minat, dan perilakunya.
  3. Menyediakan opsi untuk menetapkan anggaran harian atau total, serta kontrol biaya per klik (CPC) sehingga pengelolaan anggaran semakin terstruktur.
  4. Mendukung format iklan seperti teks, gambar, video dan juga iklan yang responsif untuk berbagai platform.
  5. Menyediakan laporan kinerja iklan secara mendetail guna membantu, mengukur dan menganalisis efektivitas iklan.
  6. Dengan fitur A/B Testing bermanfaat terhadap pengujian berbagai versi iklan sehingga dapat memilih dan menentukan iklan mana yang paling berhasil.
  7. Dengan mengintegrasikan Google Analytics maka akan memudahkan melakukan pelacakan terhadap kinerja kampanye iklan serta memahami perilaku pengguna di situs web.
  8. Dilengkapi dengan Fitur automasi guna mengoptimalkan penawaran serta pengelolaan kampanye iklan yang dibuat secara otomatis dan berdasarkan kinerja.

Fitur-fitur yang ditawarkan oleh Google Ads Manager diatas tentu dapat bermanfaat bagi pengiklan untuk mengelola kampanye secara efektif, efisien dan terstruktur.

Cara Menggunakan Google Ads Manager

Berikut adalah Cara Menggunakan Google Ads Manager:

  1. Silahkan Kunjungi situs Google Ads dan buatlah akun baru jika belum memiliki dengan cara daftar atau register melalui akun google kamu.
  2. Pilih tujuan kampanye seperti peningkatan penjualan, kunjungan situs web, atau kesadaran merek.
  3. Pilih jenis kampanye seperti (pencarian, display, video) dan pastikan sesuai dengan kebutuhan pemasaran iklanmu.
  4. Tentukan audiens yang ingin ditargetkan yaitu berdasarkan demografi, lokasi, minat atau perilaku.
  5. Tentukan anggaran harian atau total anggarannya, kemudian pilih strategi penawaran apakah CPC atau CPM.
  6. Rancang iklan kamu dengan memasukkan teks, gambar, atau video sesuai dengan format yang kamu pilih.
  7. Pilih lokasi geografis tempat iklan kamu akan ditampilkan serta atur jadwal tayang iklan.
  8. Tinjau ulang semua pengaturan dan luncurkan kampanye setelah memastikan semuanya benar.
  9. Gunakan analitik untuk memantau kinerja iklan kemudian lakukan optimasi sesuai kebutuhan.
  10. Setelah kampanye berjalan, kamu dapat melakukan evaluasi hasil untuk memahami apa yang berhasil dan apa yang perlu diperbaiki.
Baca Juga:   Tips Investasi Real Estate di Indonesia 2023 Pasca Pandemi Covid 19

Dokumentasi Gambar Cara Menggunakan Google Ad Manager bisa lihat dibawah ini secara lengkapnya.

Buat Kampanye Baru
Tujuan Kampanye Google Ads
Pilih Tujuan dari Kampanye yang mau dibuat
Jenis Kampanye Google Ad
Pilih Jenis Kampanye yang sesuai tujuanmu
Bidding Kampanye Google Ad
Atur Bidding Maksimum dan angka 1.000 hanya contoh
Contoh Kampanye Google Ad
Masukkan Judul, Deskripsi, URL untuk Kampanye kamu

Dengan mengikuti langkah-langkah panduan tersebut, maka kamu telah dapat memakai, menjalankan atau menggunakan Google Ads Manager untuk pasang iklan atau mempromosikannya. Mudah sekali bukan.

FAQ

Pasang iklan atau Mempromosikan aplikasi memakai Google Ads Manager memang merupakan salah satu kiat strategi jitu dalam mengembangkan bisnis maupun aplikasi kamu.

Namun, ada beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan seperti “Google Ads itu untuk apa?” , “Apakah Google Ads sama dengan Google AdSense?” , atau bahkan bertanya “Apakah Google Ads bisa menghasilkan uang?” dan juga “Apakah Google Ads Manager gratis?”.

Tenang, Minify ID akan memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut guna mengedukasi kamu untuk memahami lebih lanjut tentang Cara menggunakan Google Ads Manager dengan benar. Baik, langsung saja disimak.

Google Ads itu untuk apa? Google Ads itu digunakan untuk meningkatkan visibilitas bisnis, mengarahkan lalu lintas ke situs web, menghasilkan leads, dan meningkatkan kesadaran merek melalui iklan yang ditargetkan di Google dan jaringan iklannya. (Baca dokumentasinya disini: https://support.google.com/google-ads/answer/6319?hl=id )

Apakah Google Ads sama dengan Google AdSense? Tidak, Google Ads adalah platform untuk pengiklan yang ingin menampilkan iklan, sementara Google AdSense adalah program untuk penerbit yang ingin menghasilkan uang dengan menampilkan iklan dari Google di situs mereka.

Apakah Google Ads bisa menghasilkan uang? Google Ads tidak langsung menghasilkan uang karena Google Ads hanyalah platform untuk mengiklankan produk atau layanan. Namun, jika digunakan dengan efektif maka kamu akan dapat menghasilkan uang berkat adanya peningkatan penjualan dari produk maupun layanan kamu tersebut.

Apakah Google Ads Manager gratis? Google Ads Manager sendiri gratis untuk digunakan, tetapi biaya akan muncul ketika kamu ingin menjalankan iklan, berdasarkan anggaran dan penawaran yang kamu atur. Google Ad Manager memiliki versi berbayar yang disebut Google Ad Manager 360. (Lihat dan baca dokumentasinya disini: https://support.google.com/admanager/answer/6214526?hl=id )

Cara menggunakan Google Ads Manager - Manajer Google Ad - Fitur Google Ads Manager

Demikianlah pembahasan tentang panduan “Cara Menggunakan Google Ads Manager (Fitur, Manfaat & Keuntungan)” ini telah tayang. Semoga kamu dapat memakai manajer google ads ini dengan benar tanpa harus menyuruh atau melibatkan jasa google ads.

Baca Juga:   Google Forms: Pengertian, Manfaat & Cara Membuat Kuis