makanan khas natal

Cobain Yuk 4 Resep Makanan Natal Khas Indonesia

Food

Penasaran dengan Makanan ini? Cobain Yuk 4 Resep Makanan Natal Khas Indonesia yang bisa bikin kamu happy bersama keluarga kamu. Setiap perayaan hari raya agama yang ada di Indonesia, sajian makanan selalu menjadi hal utama yang harus ada. Termasuk perayaan Natal yang dalam waktu dekat ini akan tiba, tepatnya pada 25 Desember setiap tahunnya. Tak cuma makanan internasional, ada juga makanan khas Indonesia yang sering hadir saat perayaan Natal.

Berikut ini adalah resep makanan Natal khas Indonesia yang dapat dibuat di rumah:

Makanan Khas Natal

1. Selat solo

Seperti namanya, selat Solo merupakan makanan khas Solo dengan pengaruh Eropa. T Selat Solo, atau yang juga disebut dengan “bistik Jawa” dibuat dengan menggunakan 30 gram daging sapi has luar yang sudah direbus terlebih dahulu dalam kuah encer.

Untuk kuah encernya sendiri, kamu dapat membuatnya dengan 1 buah bawang putih, 4 sendok makan (sdm) kecap manis, 400 ml air, 1 sendok teh (sdt) bumbu pala, dan 2 sdt bumbu merica bubuk.

Sementara beberapa bahan lainnya terdiri dari 5 buah buncis rebus yang telah dipotong menjadi 5 cm, 1 wortel rebus yang telah dipotong memanjang, 1 buah tomat yang dipotong menjadi 4 bagian, 2 iris tomat merah, 1 buah kentang rebus yang telah dipotong menjadi 4 bagian, 1 buah bawang putih yang telah dicincang, dan 5 siung bawang merah yang telah diiris tipis.

Bahan-bahan selanjutnya yaitu 2 sdm margarin, ½ bawang bombay yang diiris tipis, 1 sdt garam, dan ½ gula merah.

Cara membuat selat solo:

Langkah pembuatan selat solo juga cukup mudah. Pertama, iris daging sapi menjadi sangat tipis. Kemudian, masukkan daging tersebut ke dalam mangkuk bersama dengan beberapa bahan makanan yang telah disiapkan. Bahan-bahan tersebut yaitu kecap manis, bawang merah, dan merica bubuk.

Kemudian, aduk seluruh bahan dalam mangkuk dengan menggunakan tangan yang telah dilapisi sarung tangan plastik. Sembari menunggu bumbu meresap ke daging, siapkan wajan yang telah diberi margarin, bawang bombay, dan bawang putih untuk diaduk rata. Setelah selesai, masukkan daging dan aduk rata bersama dengan bumbu yang berada di wajan.

Di tahap ini, kamu dapat memasukkan air, bumbu merica bubuk, bumbu pala, garam, gula, tomat, dan kecap manis untuk diaduk hingga merata secara keseluruhan. Tunggu beberapa menit hingga seluruh bumbu meresap ke daging.

Nyalakan api dengan bara api sedang kemudian diamkan hingga air mengering dan daging terasa empuk. Waktu luang untuk menunggu daging siap santap dapat kamu gunakan untuk menyiapkan kentang, buncis, wortel, dan tomat sebagai hidangan pelengkap.

Ketika daging sudah makan, segera taruh daging di piring yang sama dengan hidangan pelengkap tersebut. Dengan begitu, kamu sudah siap untuk menyajikan selat solo sebagai makanan Natal khas Indonesia buatanmu.

2. Nasi jaha

Nasi jaha yang namanya merupakan penggabungan dari kata “nasi” dan “jahe”, adalah makanan khas Manado yang dapat kamu santap saat Natal tiba. Meskipun tampilan nasi jaha sangat mirip dengan lemper, namun yang membedakannya adalah rasa jahe yang unik dan juga tidak adanya isi daging dalam nasi jaha.

Selain itu, nasi jaha dibuat dari beras ketan. Setelah diolah, makanan tersebut kemudian dibungkus menggunakan daun pisang. Baca juga: Liburan Natal, Kunjungi 12 Pasar Natal Paling Populer di Dunia Jika kamu tertarik untuk membuat hidangan ini sendiri, maka kamu dapat mulai dengan mengendapkan beras ketan yang telah tercampur dengan jahe dan perasan santan kelapa.

Kemudian, kamu bungkus olahan tersebut dengan daun pisang dan masukkan ke dalam bambu. Setelah itu, panggang bambu berisi nasi jaha yang telah dibungkus daun pisang tersebut di atas bara api. Untuk penyajiannya, biasanya orang Manado akan menghidangkan nasi jaha besera daging rusa, daging sapi, atau abon cakalang.  

3. Ayam budu-budu

Meskipun Makassar terkenal akan coto, namun ternyata ibu kota Sulawesi Selatan tersebut memiliki makanan lain yang dapat kamu hidangkan sebagai makanan Natal khas Indonesia. Hanya dengan berbekal satu ekor ayam saja, kamu dapat menyajikan hidangan tersebut sebagai makan siang perayaan Natal, atau makan malam untuk pesta Natal.

Cara pembuatannya juga sangat mudah sehingga kamu tidak perlu membeli ayam budu-budu dan bisa membuatnya sendiri. Baca juga: Jusuf Kalla Penikmat Coto Makassar, Ini Makanan Kesukaan Lainnya Satu ekor ayam telah kamu beli dapat kamu potong menjadi 8 bagian. Kemudian, aduk potongan ayam tersebut dengan air dua jeruk nipis dan diamkan selama 15 menit.

Setelah waktu habis, cuci potongan hingga bersih dan rebus dengan 1 sdm asam jawa, 3 cm jahe yang telah dihaluskan, 1 sdt merica bubuk, dan 1 sdt garam. Tutup rapat selama beberapa menit.

Terakhir, kamu dapat memasak potongan ayam tersebut dengan bara api yang kecil hingga empuk. Untuk penyajiannya, kamu bisa tambahkan irisan halus 2 batang daun bawang. Ilustrasi ikan arsik.(Dok. Shutterstock)  

4. Ikan mas arsik

Merupakan makanan khas Tapanuli, ikan arsik atau ikan mas bumbu kuning adalah makanan yang dapat kamu hidangkan sebagai makanan Natal khas Indonesia. Melihat dari namanya, tentu bahan utama untuk membuat makanan tersebut adalah ikan mas.

ikan mas arsik

Namun, berbeda dari hidangan ikan mas lain, untuk makanan khas Tapanuli ini ikan mas yang digunakan tidak dibuang terlebih dahulu sisiknya. Makanan Natal khas Indonesia ini memiliki bumbu yang sangat khas seperti andaliman dan asam cikala. Dua bumbu tersebut dikenal berasal dari wilayah pegunungan Sumatra Utara.

Sementara untuk bumbu tambahan lain, biasanya ikan arsik menggunakan lengkuas dan serai. Ikan Arsik Sibolga

Cara membuat ikan arsik:

Pembuatan ikan arsik cukup sulit jika kamu tidak terbiasa memasak makanan khas Batak. Pertama, tentunya kamu perlu menyiapkan ikan mas segar yang telah dicuci bersih. Jangan lupa untuk membuat isi perut dan insangnya. Selanjutnya, lumuri ikan dengan air jeruk nipis dan garam dan diamkan selama 15 menit.

Setelah itu, bumbu halus dan kacang panjang dimasukkan ke dalam perut ikan. Selama menunggu semua bahan menyerap ke daging ikan, kamu bisa gunakan waktu untuk menyiapkan wajan dan menyusun serai, lengkuas, asam gelugur dan cikala, kecombrang, dan andaliman. Setelah semua persiapan beres dan terletak di atas wajan, taruh ikan mas di atasnya dan tuangkan sisa bumbu halus hingga merata.

Kemudian, tuang air hingga ikan terendam dan tutup wajan. Nyalakan bara api sedang hingga air berkurang setengah. Dalam tahap ini, kamu harus masukkan daun bawang Batak dan sisa kacang panjang. Selanjutnya, tutup kembali wajan tersebut hingga air mengering.

Dengan begitu, kamu siap untuk menyajikan ikan Arsik sebagai makanan Natal khas Indonesia. (Sumber. https://travel.kompas.com/read/2019/12/24/123100327/4-resep-makanan-natal-khas-indonesia-coba-yuk )

Tinggalkan Balasan