Akselerasi Gadget dengan Stimulasi olah sensorik motorik Anak usia 0-6 tahun

Agustus 11, 2019

Akselerasi Gadget dengan Stimulasi olah sensorik motorik Anak usia 0-6 tahun merupakan cara tepat dalam memberikan edukasi pentingnya pendidikan anak usia dini (PAUD) dalam era digital.

Dengan pesatnya dunia teknologi di jaman millenial seperti saat ini telah banyak memberikan manfaat dan kontribusi yang luar biasa. namun selain manfaat besar tersebut, perkembangan teknologi juga memberikan beberapa efek negatif jika tidak digunakan secara tepat, bijaksana dan kreatif terutama bagi para orang tua dirumah.

Gadget keren, fitur canggih dilengkapi dengan kamera dan suara yang super nyaman dengan harga yang relatif terjangkau membuat gadget tersebut mudah untuk dimiliki siapa saja. dan tahukah sobat bahwa gadget merupakan kebutuhan primer atau pokok lho. jadi rasanya semuanya butuh gadget.

Selain fitur canggih yang terdapat pada gadget, dukungan aplikasi untuk senantiasa terhubung dengan gemerlapnya dunia juga marak dikembangkan oleh para pengembang (developers) baik dari perusahaan nasional maupun international.

Aplikasi yang mendunia tentu seperti Sosial Media: Facebook, Twitter, Instagram membuat semua orang memiliki akun disana. sedangkan untuk hiburan sendiri seperti youtube, tiktok juga marak digunakan para pengguna yang kreatif untuk mendapatkan keuntungan juga yakni mendulang penghasilan bombastis bagi penggiat tersebut.

Diantara para pengguna dalam mengkreasikan kontennya tersebut kadang adakala yang melebihi batas kewajaran dan melanggar undang undang ITE khususnya bagi kita yang berada di indonesia. itulah yang merupakan hal negatif dari dampak berkembangnya teknologi.

Berikut adalah Materi / Konten yang dilarang (cybercrimes) yang diatur dalam Undang Undang ITE antara lain:

  1. Konten ilegal, yang terdiri dari, antara lain: Kesusilaan, Perjudian, Penghinaan/Pencemaran nama baik, Pengancaman dan Pemerasan (Pasal 27, Pasal 28, dan Pasal 29 UU ITE);
  2. Akses ilegal (Pasal 30);
  3. Intersepsi ilegal (Pasal 31);
  4. Gangguan terhadap data (data interference, Pasal 32 UU ITE);
  5. Gangguan terhadap sistem (system interference, Pasal 33 UU ITE);
  6. Penyalahgunaan alat dan perangkat (misuse of device, Pasal 34 UU ITE);

Hal negatif dari konten yang melanggar itulah yang dikhawatirkan terutama bagi orang tua dan masa kembang anak jika menggunakan gadget dengan tidak tepat.

Contohnya saat anak sedang melihat youtube kemudian di pilihan bawah ada menu gambar menarik perhatian anak untuk menekan link tersebut, ketika dikunjungi ternyata konten tersebut adalah konten yang melanggar yakni perbuatan asusila.

Tentu saja ini merupakan perhatian khusus bagi semua orang terlebih yang memiliki buah hati dirumah. hal tersebut tentu dengan alasan bahwa sang anak akan merekam apa yang mereka lihat dan akan cenderung meniru nya. sehingga anak pun akan berdampak negatif kedepannya.

Apakah penggunaan Gadget Dilarang untuk anak usia dini? Tentu jawabannya adalah tidak dilarang, karena penggunaan gadget yang tepat disertai pengarahan dari orang tua pada anak akan menyebabkan pengalaman belajar anak dengan gadget semakin cepat. misal anak akan cepat menghafal dan mengetahui segala macam warna, anak akan memiliki pengetahuan berbahasa yang multi language, anak akan cenderung cepat berpikir cerdas dan masih banyak lagi.

Pentingnya Stimulasi olah sensorik motorik pada anak usia dini

Stimulasi merupakan suatu proses kegiatan yang dilakukan dengan tujuan merangsang kemampuan dasar anak, sehingga anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.

Olah Motorik Anak

Olah Motorik Anak merupakan proses tumbuh kembang dan kemampuan gerak pada seorang anak. Perkembangan motorik tersebut berkembang sendirinya berdasarkan kematangan saraf serta otot anak. dimana setiap gerak yang sederhana sedikitpun merupakan hasil dari pola interaksi yang kompleks dari berbagai bagian serta sistem di dalam tubuh yang dikontrol penuh dari otak.

Perkembangan antara anak satu dengan anak lainnya tidak pernah bisa sama, hal tersebut tergantung pada proses kematangan masing-masing anak. 

Contoh Aktivitas Olah Motorik Pada Anak Meliputi

  • Berjalan,
  • Berlari
  • Melompat
  • Bermain puzzle
  • Menyusun balok dll

Olah Sensorik Anak

Olah Sensorik Anak merupakan kemampuan dengan mengandalkan beberapa indera seperti indera penglihatan, rasa, sentuhan, penciuman, pendengaran pada anak, yang memungkinkan anak dapat menafsirkan disekitarnya. Pertumbuhan indera ini dikenal sebagai pengembangan sensorik. Pengembangan sistem saraf pusat dimulai dengan berbagai macam indera diantaranya:

  1. Merasakan
  2. Menyentuh
  3. Mendengar
  4. Melihat
  5. Mencium
  6. Melatih Keseimbangan

Bersama Apple Tree BSD Ayo Stimulasi Olah Sensorik Motorik PAUD

Bersama Apple Tree BSD Ayo Stimulasi Olah Sensorik Motorik PAUD dengan metode Belajar yang menyenangkan. Tahukah ayah bunda dirumah bahwa Sekolah PAUD di Apple Tree BSD telah Mengadopsi Kurikulum Singapura lho, kemudian Kelas Dilakukan dalam Bahasa Inggris & Mandarin serta Melayani Anak-Anak Berusia 1,5 – 6 Tahun.

Program yang dijalankan pun disesuaikan dengan perkembangan dan kemampuan dari si anak. sehingga anak pun akan senang dengan metode pembelajaran dan edukasi yang diberikan melalui Game dan lainnya.

Kegiatan Stimulasi olah sensorik motorik pendidikan anak usia dini di Apple Tree BSD

Berikut adalah aktifitas yang dilaksanakan oleh Apple Tree BSD dalam stimulasi olah motorik pada anak yakni diantaranya:

#1 OLAHRAGA BELADIRI

olahraga beladiri anak

Olahraga Beladiri ini dapat membuat motorik anak cepat berkembang pesat terutama dalam menjaga diri dari serangan lawan dan ancaman lainnya. selain itu dengan beladiri semua sel syaraf akan terbuka sehingga akan membuat anak akan sehat, dan kuat sepanjang hari. anak akan diarahkan bagaimana hidup sehat dengan melatih gerakan yang merangsang perkembagan otot. tentu anak akan senang dalam aktivitas kegiatan ini.

#2 MANDI BOLA

Dengan kegiatan aktivitas Mandi Bola ini dijamin anak anak akan menyukai permainan ini, apalagi jika bermain dan berinteraksi dengan yang namanya air. Permainan ini tersedia dalam program sekolah PAUD di Apple Tree Preschool BSD. Anak anak akan dilatih menstimulasikan motorik sehingga perkembangan anak akan segera didapatkan melalui aktivitas madi bola tersebut.

#3 MENARI

menari

Menari merupakan aktivitas olah motorik yang dilakukan pada anak anak perempuan. mereka bergerak dan membuat sel syaraf aktif dengan alunan nada membuat anak anak sangat menyukai aktivitas ini. Cuma di sekolah PAUD Apple Tree BSD yang memiliki program menari ballet untuk tumbuh kembang anak. anak aktif dan energik. sehingga memancing untuk anak semakin kreatif lagi.


Dan Berikut Program aktivitas stimulasi olah sensorik yang dilakukan oleh Apple Tree BSD diantaranya:

#1 MELUKIS & MEWARNAI

mewarnai

Melukis merupakan aktivitas untuk mendongkrak stimulasi olah sensorik pada anak. karena dengan aktivitas ini anak dilatih untuk berimajinasi sesuai tingkatannya untuk menghasilkan hasil yang sangat disenangi oleh anak anak yang melakukannya. semua diarahkan dengan metode yang menyenangkan. anak pun tidak akan merasa bosan jika berhubungan dengan warna warni yakni aktivitas mewarnai.

#2 MEMASAK

memasak

Memasak merupakan aktivitas yang menyenangkan. apalagi jika dilakukan oleh anak – anak usia dini dalam pembelajaran. hal tersebut bertujuan untuk stimulasi olah sensorik pada anak yang berupa indera merasakan serta mencium aroma lezat pada masakan yang dibuat nya. dengan bimbingan yang profesional maka anak akan dapat mengembangkan minat bakatnya dalam dunia masak.

#3 BERMAIN MUSIK

bermain musik

Kita tidak dapat hidup dengan musik. ya pepatah itu sangat masuk akal, karena di setiap detik kita akan menerima asupan musik yakni diantaranya adalah bunyi, nada dan irama. aktivitas bermain musik juga dapat dikategorikan sebagai belajar mengolah sensorik pada anak, karena anak dapat merasakan dan mendengar nada suara yang dihasilkan dari media yang digunakan. kegiatan belajar ini sepenuhnya ada pada pendidikan PAUD di Apple Tree BSD.


Dengan melihat segala aktivitas kegiatan untuk mengolah motorik serta sensorik pada anak maka peran gadget juga bisa di akselerasikan dengan seimbang lho. bagaimana peranan gadget tersebut?

Jangan Biarkan Anak Anda Kecanduan Gadget!

Orang tua dan pengasuh anak memang harus betul betul menyadari bahwa anak jangan sampai untuk kecanduan gadget. beberapa hal yang sempat saya teliti memang kebanyakan orang tua dan pengasuh memberikan gadget sebagai mainan agar anak tidak rewel, nangis dan berontak.

kecanduan gadget

Namun perlu dicatat bahwa kebebasan tersebut akan berdampak buruk bagi anak jika tayangan dan permainan dalam gadget tersebut tidak terkontrol apalagi jika melanggar undang undang ITE. lantas apa yang harus dilakukan untuk memanfaatkan gadget tersebut?

Jika anda perduli akan pendidikan anak usia dini dalam era digital ini, harusnya Kita bisa memanfaatkan gadget tersebut untuk Merekam aktivitas anak, memotret kreatifitas anak dan sebagai pembelajaran hasil dari keduanya tersebut di presentasikan kembali ke anak, sehingga anak bisa lebih peka dan mencerna dengan baik aktifitas olah sensorik dan motorik yang mereka lakukan.

Kesimpulan: Penggunaan Gadget yang sesuai dan tepat sangat bisa sekali di akselerasikan kepada aktivitas olah sensorik dan motorik pada anak, sehingga anak semakin berkembang pesat dan lebih cepat dengan memakai metode pembelajaran antara media gadget dengan stimulasi olah sensorik dan motorik. Jangan pernah berasumsi bahwa gadget itu buruk namun jangan juga beranggapan bahwa gadget itu baik. sesuaikan porsinya merupakan langkah bijak untuk menikmati perkembangan era digital saat ini.

Pencarian dari Google:
Sumber Referensi dan data pendukung:
  • Google
  • Apple Tree BSD (Foto Dokumentasi)

Demikianlah postingan berjudul Akselerasi Gadget dengan Stimulasi olah sensorik motorik Anak usia 0-6 tahun telah ditayangkan. artikel ini diikutsertakan dalam ajang Lomba Blog Agustus September 2019 dengan Tema Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini dalam Era Digital yang diselenggarakan oleh Apple Tree Pre-School BSD . Semoga bermanfaat. #appletreebsd

5/5 (1)

Pendapat Pembaca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *